Tingkatkan Potensi UPZ, Baznas Tanah Datar Gelar Sosialisasi Dan Rapat Koordinasi




Realitakini.com Tanah Datar                              -Ketua Baznas Tanah Datar Yasmansyah S.Ag,  M.Pd  membuka acara Sosialisasi dan Rapat Koordinasi Baznas Kabupaten Tanah Datar dengan UPZ ( Unit Pengumpul Zakat) Kecamatan se- Kabupaten Tanah Datar, Rabu (26/01/2022)   di Aula Kantor Kemenag Tanah Datar Sumatra Barat.

Acara dimulai dengan  laporan ketua pelaksana Baznas dan juga ketua panitia pelaksana acara Syukri, SHI, MH  menyampaikan: adapun Latar Belakang dan tujuan diadakannya acara ini adalah:
1. Mengoptimalkan pengumpulan Zakat di Kabupaten Tanah Datar
2. Dasar kegiatan : a. UU no 23 tahun 2011  b. PerBaznas no 2 tahun 2016. c. Regulasi regulasi yang mengikat tentang pengelolaan zakat di Indonesia 
3. Tujuan: a. Evaluasi program kegiatan tahun 2021
b. Target pengumpulan Zakat tahun 2022. c. Sinkronisasi program Baznas bersama UPZ se Kabupaten Tanah Datar. 
4. Peserta, peserta merupakan Ketua, Sekretaris dan Bendahara UPZ se- Tanah Datar. 

Dalam sambutannya Ketua Baznas  Tanah Datar Yasmansyah dalam sambutannya menyampaikan bahwa pada tahun 2021 yang lalu, jumlah penerimaan zakat Tanah Datar adalah 11,1 milyar. Dengan sumber zakat 93% dari ASN Tanah Datar dan 7% dari zakat perorangan( pedagang, pengusaha, TNI- Polri).

"Baznas Tanah Datar berhasil meningkatkan pengumpulan zakat dari 10 milyar yang ditargetkan. Namun jika dilihat dari persentase keberhasilan masih jalan ditempat ( 93% ASN, 7% umum). Sementara potensi zakat Tanah Datar sebesar 22 Milyar," jelasnya.

Ia pun menambahkan, nelihat kondisi ini, maka Baznas Tanah Datar akan melakukan beberapa trik demi peningkatan jumlah pengumpulan Zakat, Pembuatan dan pemasangan plang nama UPZ disetiap Kecamatan,  Pemasangan spanduk himbauan gerakan Zakat di setiap UPZ, Pemberian reward bagi UPZ yang mampu meningkatkan jumlah pengumpulan zakat, Pembentukan UPZ Nagari, Sosialisasi tentang zakat kepada masyarakat yang berpotensi sebagai Muzaki. 

Acara ini turut dihadiri oleh Pimpinan Baznas Tanah Datar Wakil ketua 1 Syafrijal, Wakil ketua II Warnelis Wadman Katik Mustafa, Sekretaris , para Amil Zakat dan pengurus Baznas seta UPZ dari 14 kecamatan se Tanah Datar. (M)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama