Dekranas Sumbar Lirik Produk Kreatif Pesisir Selatan Ikuti Temu Bisnis

Realitakini.com-Pesisir Selatan 
Dewan Kerajinan Nasional Daerah (dekranasda) Propinsi Sumatera Barat melirik produk hasil industri kreatif Kabupaten Pesisir Selatan untuk diikutkan dalam acara temu bisnis di sejumlah ivent ekspo di provinsi di Sumatera dan Jakarta. Kepala Dinas (Kadis) Perdagangan dan Transmigrasi, Mimi Riarty Zainul mengatakan pihaknya telah menyiapkan berbagai produk unggulan daerah yang tak kalah ber saing dengan daerah lain, utamanya sulaman yang memang sudah diakui sejak dulu. 

"Ya, kami sudah ekspos di depan utusan Dinas Perindustrian Provinsi Sumatera Barat," ungkap Mimi di Painan. Adapun sejumlah produk kreatif Pesisir Selatan yang dilirik antara lain sulaman bayangan,batik tanah liat, sepatu dan berbagai hand kraft lainnya yang memang tak kalah secara kualitas. 

Menurutnya keikut sertaan dalam acara temu bisnis itu merupakan momentum memperkenalkan produk lokal ke kancah pasar yang lebih luas, tidak hanya skala regional, tapi juga nasional dan bahkan internasional. 

Selama ini salah satu kendala pelaku usaha adalah pemasaran produk yang dihasilkan. Namun dengan ke ikut sertaan dalam temu bisnis tentu peluang pasar semakin terbuka lebar, sehingga ada harapan baru bagi perajin. "Nah, ini yang kami manfaatkan secara optimal. Kami tetap berupaya, bagaimana semua yang kita ekspos itu bisa ikut serta di acara temu bisnis," jelas mantan Asisten II itu. sealasa (8/3/2022)

Apalagi pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026 telah menyiapkan rencana strategis pengembangan industri kreatif. Bahkan menarget kan omzet ekonomi kreatif sebesar Rp50 miliar pada 2026 sebagai salah satu bentuk upaya menyejahterak an masyarakat, seiring dengan pengembangan sektor pariwisata. 

Karena itu lanjutnya selain membantu pemasaran, pemerintah kabupaten juga bakal melakukan pem bina an pada pelaku industri kreatif, sehingga produk yang dihasilkan lebih berdaya saing. Upaya ter sebut se jalan dengan fokus visi-misi lima tahun ke depan yang menitik beratkan pembangunan pada sumber daya manusia, termasuk kapasitas pelaku usaha industri kreatif. "Jadi, untuk acara temu bisnis nanti kami target kan ada 12 perajin dari berbagai jenis produk yang berbeda. Semoga ini menjadi awal yang baik bagi industri kreatif Pesisir Selatan," ujarnya.( kmf/Rk)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama