Goro Huntara Untuk Malampah, Diskomonfik, Humas Polres dan Wartawan Pasaman Bangun 10 Unit

Realitakini.com -- Pasaman
Gempa bumi dan longsor yang menimpa warga Nagari Malampah Kabupaten Pasaman,25 Febuari 2022  meluluh lantakkan bangunan yang ada, Banyak bangunan rumah warga rusak mengakibatkan warga tinggal di tenda- tenda pengungsian.

Dinas Komunikasi Informatika bersama Humas Polres dan PWI serta Wartawan Kabupaten Pasaman, laksanakan bhakti bersama dalam rangka pembangunan 10 unit Huntara (hunian sementara) bagi masyarakat terdampak gempa bumi di Kampung Malayu, Jorong Siparayo Nagari Malampah, Sabtu (26/3/2022) kemaren.

Sinergitas tiga unsur tersebut, terlihat kompak dan akrab, namun juga diselingi canda tawa. Kerja bhakti dari siang hingga jelang maghrib, dilaksanakan serius namun dalam suasana gembira ria.

"Kita targetkan 10 unit huntara selesai dalam pekan ini. Unsur pelaksana terdiri dari teman-teman Humas Polres Pasaman, Ketua PWI dan rekan wartawan, serta para kepala bidang dan kepala seksi Dinas Kominfo," ujar Budhi Hermawan, Plt. Kadis Kominfo Pasaman.

Dijelaskannya, pembangunan huntara dilaksakan dengan pola swadaya perbantuan. Maksudnya, Si pemilik rumah membantu berupa atap seng dan kayu dari rumahnya yang hancur atau rusak berat, sementara upah tukang maupun pekerja berasal dari sumbangan ASN Dinas Kominfo Pasaman, bantuan PWI Pasaman dan didukung Humas Polres Pasaman.

"Khusus Papan GRC untuk dinding dan semen lantai, dibantu Pemkab Pasaman melalui Komando Transisi Darurat menuju pemulihan gempa Pasaman," imbuh Budhi.

Ketua PWI Pasaman Rismainaldi, disela-sela kerja bhakti menyebutkan, sebagai mitra kerja Dinas Kominfo, wartawan Kabupaten Pasaman ikut berpartisipasi mendukung kegiatan pembangunan Huntara bagi masyarakat terdampak gempa bumi di Nagari Malampah.

"Dua hari yang lalu Saya dihubungi Kepala Dinas Kominfo Budhi Hermawan, tentang rencana kerja bhakti pembangunan hunian sementara di Nagari Malampah. Dan setelah Saya komunikasi dengan anggota PWI Pasaman dan teman wartawan daerah ini, akhirnya kami sepakat untuk ikut mendukung penuh rencana mulia tersebut," jelas Rismainaldi.

Di tempat yang sama, Kepala Seksi Humas Polres Pasaman, Kompol. Zulkifli, SH mengatakan bahwa pihaknya turut mendukung kerja bhakti yang dilaksanakan Dinas Kominfo dan rekan-rekan wartawan Pasaman.

"Jumat kemaren Kadis Kominfo mengkomunikasikan tentang hal ini ke Mako Polres Pasaman, dan atas izin Bapak Kapolres, kami dengan beberapa anggota ikut melakukan kerja bhakti di Malampah hari ini,"  ujar Kompol. Zulkifli.

Dengan dibantu beberapa orang tukang bangunan setempat, selama Sabtu tadi, berhasil didirikan tiga unit huntara, dan satu masih  dalam proses pembersihan lokasi.

"Sabtu tadi sudah tegak hingga kuda-kuda sebanyak tiga unit, dan satu unit lagi masih tahap pembersihan lokasi. Kita targetkan besok minggu, bisa rampung tujuh unit huntara," tutup Budi. (Nurman)

Post a Comment

Previous Post Next Post