Hadiri Peringatan HKG PKK ke-50, Wawako Solok Canangkan Bulan Bhakti Dasawisma 2022

Realitakini.com-Kota Solok
Wakil Walikota (Wawako) Solok Ramadhani Kirana Putra, menghadiri peringatan Hari Kesatuan Gerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (HKG PKK) ke-50, sekaligus Pencanangan Bulan Bhakti Dasa wisma Tahun 2022. Bertempat di Balairung 99 kediaman resmi Walikota Solok, Rabu (02/03/2022).

Dalam sambutannya, Wawako Solok menyampaikan bahwa Pencanangan Bulan Bakti Dasawisma Tingkat Kota Solok Tahun 2022, merupakan tindak lanjut program atau kegiatan Tim Penggerak (TP) PKK mulai dari pusat, provinsi dan kabupaten/kota yang bertujuan untuk menggelorakan terus-menerus semangat, dan motivasi kerja bagi pengurus dasawisma.

"Selain itu, juga dalam rangka melestarikan jiwa semangat gotong royong di tengah-tengah masyarakat, dimana nilai dan gotong royong ini salah satu aset dan jati diri masyarakat Indonesia pada umumnya, dan khususnya kita di Kota Solok," kata Ramadhani Kirana Putra.

Disebutkan Wawako Solok, dasawisma sebagai salah satu wadah kegiatan masyarakat, yang memiliki peran sangat penting dan strategis dalam melaksanakan dan menyukseskan 10 program pokok PKK di kelurahan, yang pada akhirnya berpengaruh pada pencapaian program kegiatan TP PKK tingkat ke camatan maupun kota. 

"Oleh karena itu, kelompok dasawisma dapat dikatakan sebagai ujung tombak keberhasilan program kegiatan TP PKK, baik di tingkat kecamatan maupun kota," paparnya.

Disampaikannya, keberadaan dan fungsi kelompok dasawisma dan kader PKK sangatlah strategis dalam upaya memberdayakan masyarakat, yang dimulai dari memberdayakan diri sendiri, memberdaya kan keluarga dan memberdayakan masyarakat, yang pada akhirnya akan menciptakan kontribusi baik langsung maupun tidak langsung dalam pelaksanaan pembangunan yang berkelanjutan.

Lebih lanjut Wawako Solok menyampaikan, bahwa Pemerintah Solok (Pemko) menyadari betul peran PKK sangatlah besar dalam membantu, dan menjadi mitra pemerintah dalam melaksanakan pembangun an, ketahanan keluarga, pengentasan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan pendapatan dan ekonomi keluarga.

"Untuk meningkatkan ilmu, dan wawasannya dalam menggerakkan masyarakat serta memberikan dukungan dalam pelaksanaan kegiatan PKK, terutama bagaimana lahan pekarangan yang gersang dan kosong bisa dimanfaatkan untuk pemenuhan kebutuhan keluarga serta membantu ekonomi dan pendapatan mereka," sebutnya.

Dijelaskannya, salah satu upaya yang dilakukan sebagai bentuk kerjasasama antara PKK dengan dinas pertanian, dan dinas pangan adalah pemberian bibit tanaman pekarangan, baik tanaman sayur-sayuran, toga dan palawija. (Syafri)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama