Kampung Tematik "Elo Pukek "Dikunjungi Wako Hendri Septa,

Realitakini.com-Padang 
Kampung Tematik "Elo Pukek" Purus Diupayakan Jadi Destinasi Wisata Baru yang Menjanjikan
PADANG - Wali Kota Padang Hendri Septa mengapresiasi dan menyambut baik keberadaan kampung tematik "Elo Pukek" (tarik pukat) yang ada di Kelurahan Purus, Kecamatan Padang Barat.

Menurutnya, keberadaan kampung tematik dengan ciri khas aktifitas elo pukek dari warga/nelayan di kawasan setempat itu memiliki potensi yang menjanjikan.Seperti diketahui, elo pukek atau menarik pukat untuk menangkap ikan di laut tersebut merupakan tradisi turun-temurun bagi nelayan hampir di seluruh pesisir Ranah Minang.

Sebelum maelo pukek, nelayan terlebih dahulu menyebarkan pukek ke laut dengan jarak 100 hingga 200 meter dari bibir pantai menggunakan perahu.Pukek pun lalu ditebar melebar mengikuti garis pantai kemudian nelayan kembali ke pinggir. Setelah menunggu 15-20 menit masing-masing ujung pukek mulai ditarik, kemudian ikan terjebak di bagian tengah jaring dan didapatkan.

"Alhamdulillah kampung tematik Elo Pukek di Purus ini memiliki daya tarik dan akan kita sinergikan dengan pariwisata ke depan. Semoga menjadi destinasi wisata baru yang menjanjikan di Kota Padang nantinya," ungkap Wako, sewaktu mengunjungi kampung tematik Elo Pukek Purus, Jumat (18/3/2022).
Sebagaimana diketahui, kunjungan ke kampung tematik Elo Pukek Purus tersebut dilakukan Wali Kota bahagian dari kegiatan program Berkantor si Kecamatan yang kali ini dipusatkannya di Kecamatan Padang Barat. Cukup banyak berbagai kegiatan positif dilakukannya bersama masyarakat selama sehari itu.

Lebih lanjut Wako Hendri Septa pun menyampaikan Pemerintah Kota (Pemko) Padang siap mensuport untuk pengembangan kampung tematik Elo Pukek dari Kelompok Nelayan Kasiak Angek Purus (KNKAP) tersebut ke depan.

"Semoga ke depan kampung tematik Elo Pukek ini bisa menggaet para wisatawan yang mau mencoba merasakan bagaimana ikut maelo pukek bersama para nelayan. Apalagi ikan yang didapat pun bisa mereka bawa pulang."

"Jadi ini menjadi daya tarik tersendiri tentunya, sambil menjaga tradisi elo pukek yang sudah turun-temurun semenjak dahulu kala," imbuh Wako Hendri Septa sembari memberikan bantuan baju dan topi nelayan bagi nelayan KNKAP saat itu.
Dalam kesempatan itu terlihat hadir mendampingi Wali Kota diantaranya Kepala Diskop dan UKM Ferri Erviyan Rinaldi, Kabag Kesra Fuji Astomi serta Plt Camat Padang Barat Tarmizi Ismail dan para lurah di kecamatan setempat.(Dv/Prokompim Pdg)

Post a Comment

Previous Post Next Post