Komisi I DPRD Sumbar Undang OPD Mitra Kerja Untuk Rapat Pembahasan LKPJ Kepala Daerah

Realitakini.com-Bukittinggi
“Komisi Informasi (KI) Sumbar hadir undangan rapat pembahasan LKPJ Kepala Daerah  yang dilaksana kan oleh Komis I DPRD sumbar Kamis 10 Maret 2022 di Istana Bung Hatta Bukittinggi.

Rapat tersebut dipimpin Ketua Komisi I Syawal di damping Sekretaris Rafdinal, bersama Asisten I Setdaprov Sumbar Devi Kurnia Rapat ini  dihadiri  hampir seluruh Anggota Komisi I DPRD Sumbar dan seluruh OPD mitra Komisi I DPRD Sumbar.

Sedangkan dari  KI Sumbar Nofal Wiska didampingi Wakil Ketua Arif Yumardi dan Komisioner mem bidangi Penyelesaian Sengketa Informasi Publik AdrianTuswandi.Pada pembahasan LKPJ dengan  Dewan Perwkilan Rakyat (Komisi I ) tersebut  Devi Kurnia  asisten satu kantor Gubernur menjelaskan soal LKPJ, LPPD dan RKPJ.

“LKPJ itu hasilnya rekomendasi, dan semua bahan terkait LKPJ sudah kami siapkan dalam bentuk buku,” ujar Devi.

LKPJ dengan LPPD beda, kalau LKPJ dibahas dan di rekomendasikan DPRD.“Sedangkan LPPD (Laporan Pelaksanaan Pemerintah Daerah) itu berisi penilaian dan indikator dilakukan Presiden melalui Mendagri. Hasilnya adalah peringkat untuk 34 provinsi,” ujar Devi.

Sedangkan RKPD (Ringkasan Keterangan Pertanggungjawaban Daerah) itu untuk disampaikan ke masyarakat,” ujar Devi.Sementara Nofal Wiska mengatakan kinerja KI Sumbar 2021 lalu mampu merealisasikan anggaran lebih dari 94 persen. Dan beban kerja tahun kemarin lebih banyak kepada penyelesaian Sengketa Informasi Publik.

Sedangkan Anggota Komisi I Desrio yang juga Ketua Pansus LKPJ mengatakan bahwa hasil kerja mitra komisi I sudah menunjukan kinerja maksimal terutama merealisasika anggaran.

“Kita Komisi I baru dilewakan pada Senin kemarin dan semuanya tidak ada yang incumbent. Tapi dari memori kerja Komisi I kita apresiasi kinerja OPD sebagai mitra di 2021 lalu,” ujar Desrio.

Wakil Ketua Komisi I Rafdinal mengatakan meski baru, tapi komposisi Komisi I saat ini tidak asing lagi dalam melakukan tugas dan fungsi kedewanan. “Tapi kita juga berharap agar setiap OPD menyampaikan tugas dan fungsi ke Komisi I sehingga kemitraan harmonis. Juga Komisi I bisa fokus melakukan fungsi kontrol yang dimiliki Komisi I,” ujar Rafdinal. (r*/Rk ).

 

Post a Comment

Previous Post Next Post