Kota Solok Kirim Delapan Pesilat Dalam Pospeda Sumbar 2022

Realitakini.com-Kota solok 
Kepala Kantor Kemenag Kota Solok bersama Kadispora Kota Solok, melepas secara resmi kontingen atlet Pencak Silat Kota Solok yang akan berlaga pada ajang Pekan Olah Raga dan Seni antar Pondok Pesantren Daerah (Pospeda) tingkat Provinsi Sumbar pada 29 hingga 31 Maret 2022 di Padang.

Acara pelepasan kontingen Pospeda Kota Solok itu di halaman Kantor Kemenag Kota Solok, Senin (28/3/2022), yang dihadiri para Kasi Kantor Kemenag Kota Solok, Pimpinan Ponpes, serta staf Dispora.

Santriwan-santriwati Kota Solok yang dikirim untuk mengikuti Pospeda tingkat Sumbar itu sebanyak delapan (8) orang santri berasal dari tiga Pondok Pesantren yang ada di Kota Solok. Ponpes Waratsatul Anbiya (Farel Gusti Rajab, Ridwan Ananda Putra, Refa Gusmita, Kevin Anaverta, Sahara ZaniSendika, Vivi Adrianes Aldem), Ponpes Darut Talib (Ade Novendra), Ponpes Al Mumtaz (Muhammad Fauzan Aulia Pradana).

Kepala Kantor Kemenag Kota Solok Eri Iswandi dalam arahannya mengatakan, kontingen Pospeda Kota Solok tersebut merupakan duta-duta terbaik dari masing-masing Pondok Pesantren.“Jagalah selalu kesehatan dan penuh disiplin mengikuti arahan pelatih, kuatkan mental untukbertanding sehingga mampu meraih prestasi maksimal menjadi duta silat tingkat Sumatera Barat utusan Kota Solok,” pesan Kakankemenag.

Pada kesempatan itu, Kadispora Dodi Osmond menyampaikan, Pemda Kota Solok sangat mendukung keikutsertaan para santri dalam Pospeda, sekaligus dijadikan sebagai ajang menimba pengalaman bert anding bagi para atlet pencak silat binaan perguruan silat yang ada di pondok pesantren.

“Bertandinglah secara maksimal dan pupuk kejujuran serta keinginan yang kuat. Jadikan perlombaan pencak silat untuk menjalin silaturrahmi, dalam arena kita berlawanan, namun di luar arena kita adalah bersahabat,” sebut Dodi Osmond.

Selamat berjuang kepada anak-anak kami, imbuhnya, menang tidak boleh sombong, kalau kalah jadikan itu ajang untuk belajar. Jaga sikap dan nama baik Pondok Pesantren, terkhusus nama baik Kota Solok.Gelaran Pospeda yang rutin digelar setiap tahun merupakan MoU sejumlah Kementerian seperti Kemenko PMK, Kemenag, Kementerian Pemuda dan Olah Raga, Kemendikbud dan pihak Pemprov.

Pospeda 2022, merupakan sarana seleksi guna mendapatkan atlet dan pegiat seni Islami terbaik yang nantinya akan mewakili Sumbar pada Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren Nasional atau Pospenas yang akan digelar di Makasar Sulawesi Selatan Tahun ini.

Cabang olahraga pada perlombaan Pospeda kali ini adalah pencak silat. Dengan membuka 10 kelas pertandingan. Untuk kelas A-G kategori putra dan putri.Dengan rincian Kelas A 39 kg- 43 kg, Kelas B 43-47 kg, Kelas C 47- 51 kg, Kelas D 51- 55 kg, Kelas E 55- 59 kg, Kelas F 59-63 kg, Kelas G 63- 67 kg. Dan Kelas H 67-71 kg untuk putra, Kelas I 71- 75 kg untuk putera serta Kelas tunggal putra putri. (Syafri)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama