Sertijab Wali Nagari Sungai Tarab, Romi Chandra Resmi Menjabat


Realitakini.com Tanah Datar                              -Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM secara resmi melantik Walinagari Sungai Tarab terpilih Romi Chandra dengan masa jabatan 2022-2023 sekaligus serah terima jabatan dari pejabat lama Pendriyasni, Selasa (08/03/2022) di Gedung  Serba Guna  Nagari Sungai Tarab Kecamatan Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar Sumatra Barat.

Acara dihadiri  oleh Bupati Tanah Datar yang diwakili oleh Asisten I Elizar,SH, Anggota DPRD Sumatera Barat  Ir. H. Arkadius Dt. Intan Bano, MM, MBA, Anggota DPRD Tanah Datar Beni Apero, Camat Sungai Tarab Arianto, S.STP, Ketua KAN Sungai Tarab Hardi Riswan Dt. Marah Bangso, Ketua BPRN Sungai Tarab Susi Elya Roza, SE, Wali Nagari se-Kecamatan Sungai Tarab, Mantan Wali Nagari, Emrizal, SE, Niniak Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai, Bundo Kanduang, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya Pejabat lama Pendriyasni, SAP menyampaikan ucapan terimakasihnya, kepada seluruh masyarakat  Nagari Sungai Tarab yang selama ini telah memberikan dukungan penuh kepadanya selama menjabat sebagai  Penjabat Wali Nagari.

"Sebagai Pj. Wali Nagari tentu banyak keterbatasan dan kekurangan, namun dengan dukungan semua pihak beberapa permasalahan yang ada akhirnya bisa diselesaikan dengan baik. Untuk itu atas nama pribadi dan keluarga kami haturkan terimakasih yang tak terhingga. Dan selamat kepada  Pejabat yang baru, semoga bisa menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya dan lebih membawa Nagari Sungai Tarab semakin maju lagi" ujarnya.

Selanjutnya Wali Nagari terpilih Romi Chandra , meminta dukungan kepada seluruh masyarakat Nagari Sugai Tarab, dalam menjalankan roda Pemerintahan di Nagari.

Sementara itu Ketua KAN Sungai Tarab yang juga sekaligus Sekretaris LKAAM Tanah Datar, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Pejabat lama dan selamat kepada pejabat yang baru.

‘’Mewakili segenap unsur di Nagari Sungai Tarab, saya menyampaikan ribuan terima kasih unsur kepada Ibu Pendriyasni selama menjabat sebagai Pj. Wali Nagari Sungai Tarab. Beliau telah membuktikan bahwa  perempuan Bundo Kanduang bisa memimpin, dan ini petama kalinya di Nagari Sungai Tarab, dimana Ketua BPRN kita juga perempuan/bundo kanduang. Mudah-mudahan apa yang diberikan menjadi amal ibadah,  menjadi contoh dan tauladan’’ ujar Dt. Marah Bangso.

Lebih lanjut, Dt. Marah Bangso katakan Prosesi Adat ’’Tibo Bananti, Datang Baanta’’ ini dimaksudkan agar terjadi  singkronisasi antara Adat dengan Pemerintahan, sejalan seirama antara KAN, BPRN dan Pemerintah Nagari/Wali Nagari (Tungku Tigo Sejarangan, Tali Tigo Sipilin).  

‘’Kita harapkan dengan prosesi ‘’Tibo Bananti, Datang Baanta’’ ini Wali Nagari, BPRN, KAN harus seiring sejalan, saling berkoordinasi, berkolaborasi, dan bersinergi dalam menjalankan tugas pelayanan kepada masyarakat, sehingga terwujud masyarakat yang sejahtera, madani berdasarkan Adat Basandi Syara’, Syara Basandi Kitabullah, sesuai dengan Visi Misi Pemerintah Daerah’’ jelas Dt. Marah Bangso.

‘’Dengan prosesi yang kita lihat tadi, resmi secara adat, secara Pemerintahan menjalankan tugas, diantarkan kaum, Niniak Mamak, agar masyarakat  faham dan mengerti dengan pemimpinnya, begitupun sebaliknya. Saya berharap agenda serupa ini juga diterapkan nantinya di seluruh Nagari di Tanah Datar, untuk melestarikan adat agar tidak hilang’’ pungkasnya.

Di kesempatan yang sama, Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Ir. H. Arkadius Dt. Intan Bano, MM, MBA dan Anggota DPRD Tanah Datar  Beni Apero juga mengucapkan terima kasih kepada Pejabat Lama dan Selamat kepada Pejabat yang baru.

Kepada Pejabat Baru, Dt. Intan Bano berpesan agar bekerja sepenuh hati, mengutamakan pelayanan dan kepentingan masyarakat. ‘’Bekerja keras, kerja ikhlas, kerja cerdas dan kerja tuntas’’ ujar Dt. Intan Bano.

Anggota DPRD Sumatera Barat dari Partai Demokrat itu juga berpesan agar Wali Nagari dalam menjalankan pemerintahan ‘’Saciok Bak AyaM, Sedanciang Bak Basi’’, menjalin koordinasi dan sinergi dengan unsur-unsur Pemerintahan Nagari.

Sementara  itu,Bupati Tanah Datar melalui Asisten I, Elizar, SH  mengharapkan Wali Nagari terpilih bisa mengawal Program Unggulan (Progul) Pemerintah di Nagarinya, ini dimaksudkan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

‘’Dalam menjalankan tugas-tugasnya sebagai perpanjangan tangan Pemerintahan di Nagari diharapkan agar Saudara  Wali Nagari yang baru segera berkoordinasi dan menggandeng semua unsur masyarakat yang ada, seperti Camat,  BPRN, KAN, perantau, tokoh masyarakat,  untuk kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Sungai Tarab.Terima Kasih kepada Pejabat Lama dan Selamat kepada Pejabat yang Baru, semoga kedepannya Nagari Sungai Tarab semakin maju dan sejahtera," pungkas Elizar SH, Asisten 1 Pemkab Tanah Datar.(M)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama