Tingkatkan Kinerja Humas Satker, Kemenag Sijunjung Gelar Pelatihan Jurnalis

Realitakini.com-Sijunjung,
Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sijunjung mengadakan pelatihan Layanan dan Penyediaan Informasi publik di Lt. 2 Wisma Keluarga Muaro Sijunjung pada hari Kamis (24/03/2022).Acara ini diikuti oleh 30 peserta yang berasal dari Humas berbagai instansi dalam ruang lingkup Kemenag Sijunjung. Antara lain Humas Madrasah dan Kantor KUA se- Kabupaten Sijunjung. Acara dibuka oleh Kasubag Kemenag Sijunjung H. Syamsidir S.Ag, M.Pd.I pada pukul 08.30 wib.

Acara ini menghadirkan 4 orang Narasumber berbeda yakni Sub Koordinator Kehumasan Kanwil Kemenag Prov. Sumatera Barat Eri Gusnedi,membahas tentang peran dan tantangan Humas Kemenag, Kepala Dinas Kominfo Sijunjung Rizal Effendi, membahas tentang strategi Humas lembaga pemerintah menciptakan keterbukaan informasi publik, Wartawan media online Pos Metro Padang Eki Prima Endo membahas tentang teknik penulisan dan publikasi berita yang benar dan lengkap, serta Wartawan  Realitakini.com Hasnawati membahas tentang pemanfaatan media sosial sebagai media komunikasi publik.

Kegiatan berlangsung seharian dipandu oleh tim panitia dari Humas Kemenag Sijunjung dipimpin oleh Nori Bahar. Peserta terlihat antusias dalam mengikuti sesi demi sesi. Berbagai pertanyaan dilontarkan seputar cara penulisan, cara mempublikasi  maupun kendala yang dihadapi di lapangan.

Rizal Effendi menjelaskan tentang mekanisme info publik yang dikelola oleh Diskominfo Sijunjung serta mengingatkan para Humas agar teliti dalam menerima kedatangan wartawan yang bertujuan meliput kegiatan ditempatnya. "Medianya harus jelas, jangan media abal-abal", ujarnya.

Sedangkan Eri Gusnedi mengajak seluruh peserta untuk pro aktif dalam melayani masyarakat. Sebagai mantan jurnalis, Humas Kanwil Kemenag ini mengakui pentingnya publikasi suatu instansi bagi masyarakat. Baik publikasi kegiatan yang dilakukan maupun penyebaran informasi seputar pelayanan di lingkup Kemenag.

Dua orang wartawan yang didapuk jadi pemateri pun tak ketinggalan mengajak para peserta untuk menulis serta terus memperbaiki kualitas tulisannya. Dengan cara fokus pada tema berita dan jangan terlalu banyak memposting foto. Mereka juga mengingatkan peserta agar sering membuka website Kemenag Sijunjung untuk mendapatkan info terkini. Acara berlangsung lancar dari awal hingga akhir.
Realitakini.com yang diundang sebagai pemateri meminta peserta untuk memposting kegiatan tersebut.
"Ayo kita tulis dan posting kegiatan hari ini pada akun sosmed masing-masing dengan berbagai judul menarik namun tetap sesuai tema agar menarik minat pembaca", pungkasnya.(Hasnawati)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama