Turut Prihatin Korban Gempa Pasaman Bupati Solsel Serahkan Bantuan

Realitakini.com -- Pasaman 
Bupati Solok Selatan H. Khairunas serahkan bantuan untuk korban bencana gempa bumi Kabupaten Pasaman kepada Bupati H. Benny Utama di rumah dinas Bupati Pasaman, Senin (21/3/2022). 

Penyerahan bantuan yang diawali jamuan makan siang di Balairung Pusako Anak Nagari Lubuk Sikaping itu, ditandai penanda tanganan kerjasama antar daerah, antara Kabupaten Pasaman dengan Kabupaten Solok Selatan.  

"Pak Bupati Solok Selatan sempat tidak tahu kalau Kabupaten Pasaman ikut terdampak bencana gempa bumi yang berpusat di Gunung Talamau, Kabupaten Pasaman Barat," ujar Bupati Benny Utama. 

Disampaikan Bupati Pasaman, setelah berakhir masa tanggap darurat 14 hari pasca gempa, maka sejak 11 Maret 2022 Pemkab Pasaman menetapkan masa transisi darurat menuju pemulihan di Nagari Malampah, Kecamatan Tigo Nagari, daerah terparah terdampak gempa bumi Pasaman.

Dijelasan, di fase ini masyarakat yang tinggal di tenda-tenda pengungsian dihimbau untuk kembali ke rumah masing-masing, sedangkan yang rumahnya rusak berat, dibangunkan hunian sementara (huntara) di sekitar lokasi rumah mereka. 

"Terima kasih atas kepedulian Bapak Khairunas dan Pemkab. Solok Selatan atas musibah yang menimpa sebagian masyarakat Pasaman. Ini akan menjadi sitawa sidingin, penyejuk hati bagi masyarakat yang terdampak bencana di daerah ini," kata Bupati Pasaman, Benny Utama.

Bupati Solok Selatan, H. Khairunas, SIp. MSi. mengawali sambutan dengan ucapan mohon maaf, karena sempat tidak tahu kalau Kabupaten Pasaman juga ikut terdampak gempa bumi 25 Februari lalu. 

"Informasi yang diperoleh, bencana gempa bumi berpusat di Kabupaten Pasaman Barat dan menghancurkan beberapa nagari di wilayah itu. Jadi, bantuan dari Solok Selatan hanya diantar ke Kabupaten Pasaman Barat," ujar Bupati Khairunas.

Disampaikan, bantuan dari Pemkab Solok Selatan berupa uang tunai Rp.100 jt dan bahan makanan, serta tambahan dari baznas Solok Selatan Rp.10 jt. 

"Kami di Solok Selatan ikut berbagi duka, turut merasakan kesedihan yang dialami masyarakat Kabupaten Pasaman," ujar bupati yang juga Ketua DPD Golkar Provinsi Sumatera Barat itu.

Penandatanganan MoU kerja sama antar daerah dilakukan Bupati Pasaman dan Bupati Solok Selatan, disaksikan Sekretaris daerah dan kepala Organisasi Perangkat Daerah kedua kabupaten.(Nurman)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama