Wawako Solok Buka Bimtek Simbangda


Realitakini.com-Kota Solok
Wakil Walikota (Wawako) Solok Ramadhani Kirana Putra, membuka pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistim Informasi Pembangunan Daerah (Simbangda) Based Evidense versi 4.0, yang diselenggaran di Hotel Pangeran Beach Padang, Rabu (09/03/2022).

Turut hadir Kepala Biro pembangunan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Hefdi, Asisten Sekretaris Kota (Sekdako) Solok Bidang Ekonomi Pembangungan Jefrizal.

Dihadapan seluruh peserta Bimtek Simbangda, Wawako Solok menyampaikan bahwa sesuai Undang-Undang (UU) Nomor 25 Tahun 2004 tentang sistem pembangunan nasional pasal 31 yang berbunyi, perencana an pembangunan didasarkan pada data dan informasi yang akurat dan dapat dipertang gungjawabkan.

"Sejalan dengan ini guna untuk mengetahui, memantau, mengevaluasi dan pengendalian apakah itu program atau kegiatan yang sudah dilaksanakan sesuai rencana, dan target yang dibebankan pada masing-masing OPD," ungkap Ramadhani Kirana Putra.

Disebutkannya, selama ini dalam penyajian laporan dan informasi dilakukan secara manual, saya berharap pasca Bimtek ini pelaporan dan evaluasi pembangunan sudah dalam bentuk digitalisasi.

Lebih lanjut Wawako Solok menyampaikan, bahwa pemanfaatan teknologi informasi pada instansi pemerintah saat ini sudah menjadi sebuah kebutuhan. Salah satunya dalam bentuk pemanfaatan Simbangda ini.

"Aplikasi Simbangda merupakan perangkat lunak yang didesain untuk mempermudah, dan mengintegrasikan data anggaran yang tersedia pada OPD. Maka tiap bulannya pelaporan anggaran terhadap perkembang an realisasi keuangan, dan realisasi fisik kegiatan/pekerjaan yang dilakukan OPD dapat diperbarui setiap saat," paparnya.

Disampaikannya, kami atas nama Pemerintah Kota (Pemko) mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada Biro Pembangunan Provinsi Sumbar, yang telah membimbing/membekali staf kami khususnya bagian administrasi pembangun an Setda Solok, yang telah beberapa kali secara langsung dibekali pelatihan "Help Desk" sebelum Bimtek ini dilaksanakan, yang diadakan pada Kantor Biro Pembangun an Provinsi Sumbar. (Syafri)

Post a Comment

Previous Post Next Post