Gubernur Sumbar: Kekuatan Perantau Menggerakkan Ekonomi Di Sumbar Sangat Luar Biasa

Realitakini,com- Jakarta
Dalam rangka memperkuat tali silahtuhrahmi antar sesama perantau, Ikatan Keluarga Minangkabau (IKM) DPD Jakarta Pusat menggelar silahtuhrahmi selama 6 hari di Gelora Bung Karno, DKI Jakarta, mulai Sabtu (28/5/22).

Gelaran silaturahmi yang diwarnai suasana di kampung halaman yang menghadirkan kuliner dan bazar UMKM khas Sumatera Barat (Sumbar) tersebut dihadiri dan dibuka langsung oleh Gubernur Sumbar, Buya Mahyeldi didampingi Ketua TP. PKK Sumbar, Ny. Harneli Mahyeldi.

Dalam sambutannya, Gubernur Buya Mahyeldi mengapresiasi peran IKM yang menjadi tempat para perantau untuk bahu membahu membudayakan adat dan tradisi ketika berada di rantau, juga sebagai bentuk dukungan terhadap program-program pemerintah daerah asal maupun pemerintah daerah rantau masing-masing.

“Bagi kita masyarakat Sumbar, kekuatan perantau merupakan kekuatan luar biasa yang mampu menggerakan baik ekonomi di ranah maupun di rantau. Semangat para perantau sangat luar biasa. Terbukti pada saat pandemi, perantau yang mampu membantu dunsanaknya yang membutuhkan," ucap buya Mahyeldi.

“Maka dari itu Pemprov Sumbar mengucapkan terima kasih telah mengorganisir lembaga IKM, sebagai salah satu organisasi perantau yang turut serta membangun ranah dan rantau,” lanjutnya.

Hal serupa juga dusampaikan Ketua Dewan Pengawas IKM, Irman Gusman. Menurutnya, Sumatera Barat memiliki jiwa membangun Indonesia yang diambil dari contoh terdahulunya, dikarenakan hubungan ranah dan rantau merupakan kunci dari peran IKM dalam peran organisasi sendiri.

“Bagi orang Minangkabau, membangun Indonesia merupakan suatu keharusan dan kewajiban, apa lagi kampungnya sendiri, dimana rasa keminangan rantau ini sangat melekat di diri perantau ini” ucap Irman ketua Dewan Pengawas IKM

Ajang silaturahmi tersebut menjadi pengingat bagi perantau agar tidak lupa budaya kampung halaman. Para perantau disuguhi dengan kuliner dari berbagai wilayah di Sumatera Barat seperti sate danguang- danguang, lontong pical, nasi kapau dan lainnya, serta diiringi dengan tarian persembahan dan lagu-lagu Minangkabau, menjadikan perantau di acara IKM kali ini merasakan rantau saroso di ranah.

Turut hadir Bupati Agam Andri Warman, Ketua DPW IKM Jakarta sekaligus Wakil Walikota Jakarta Pusat Irwandi, Ketua DPP IKM Pusat Efendi, dan Ketua umum Sulit Air Sepakat (SAS) H. Syamsudin Muhtar.
(Dinas Kominfotik Sumbar/RK)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama