Kunjungan Wisatawan meningkat, Destinasi Wisata Talago Biru Atar Buka Lapangan Kerja

Realitakini.com Tanah Datar                              
-Pada liburan hari raya idul fitri 1443 H, pengunjung  Destinasi Talago Biru Jorong Taratak VIII, Nagari Atar Kecamatan Padang Ganting kabupaten Tanah Datar  membludak.

Hal itu disampaikan Dasmeri Ketua kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Nagari Atar yang juga ketua pengelola Destinasi Talago Biru, Selasa (03/05/2022) menyampaikan sejak dibuka sejak 2 hari lalu kunjungan wisatawan  ke Talago Biru mencapai 4.800 orangl.

"Peningkatan kunjungan ke Telaga Atar mengalami peningkatan dari sebelumnya, dengan rincian pada hari pertama lebaran tanggal 2 Mei 2022 sebanyak 2.300 wisatawan, dan pada hari kedua lebaran meningkat menjadi 2.500 orang," ujarnya.

Menurut Dasmeri yang juga merupahkan  Walijorong Taratak VII Nagari Atar, keberadaan Talago Biru yang mulai dikelola secara profesional oleh Pokdarwis Nagari Atar pada lebaran Idul Fitri 1443 H telah bisa membuka lapangan kerja bagi masyarakat Nagari Atar, yaitu sebanyak 60 orang dan adanya peningkatan pendapatan masyarakat.

"Tenaga kerja yang terserap di Talago Biru adalah pedagang 30 orang, permainan sepeda 4 orang, Mobil odong-odong 8 orang, kapal wisata 6 orang, parkir 6 orang, flying fox 6 orang, untuk pedagang yang berjumlah 30 orang rata-rata omset mencapai 3,5 juta per pedagang, yang umumnya berjualan kuliner, dan jumlah pengunjung diperkirakan akan terus mengalami peningkatan pada tanggal 4 sampai 8 Mei 2022," ungkap Dasmeri.

Sementara itu Kepala Dinas Parpora Agung Indrianto yang didampingi Kabid Pariwisata Efrison, mengapresiasi Pokdarwis Talago Biru yang telah bisa menggali potensi Nagari untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Talago Biru yang tahun sebelumnya belum ada aktifitas  dan perkembangan berarti, tetapi ketika ditangan Pokdarwis sudah bisa menarik kunjungan dan membuka lapangan kerja baru, karena telah menyediakan berbagai wahana permainan, seperti:  sepeda wisata, flying fox, karpet aladin,  jelazah Talago, aneka kuliner spesifik dan hiburan lainnya," ujarnya.

Dijelaskan Agung, dengan potensi dan pesona yang Dimiliki Nagari Atar, maka di Talago Biru ditetapkan sebagai salah satu lokasi pelaksanaan Satu Nagari Satu Event pada tahun 2022 dengan event Gebyar Pesona Talago Biru, yang digelar pada tanggal 3 dan 4 September 2022.

"Melalui Event Gebyar Pesona Talago Biru diharapkan  semakin banyak wisatawan yang datang dan kesejahteraan masyarakat meningkat," pungkas Agung Indrianto. (*/M)

Post a Comment

Previous Post Next Post