Tingkatkan Kinerja Petani, H. Daswanto dan Wabup Sijunjung Serahkan Alsintan Di Dinas Pertanian Sijunjung

Realitakini.com-Sijunjung, 
Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung menyalurkan bantuan Alsintan kepada Dua Kelompok Tani binaannya untuk membantu melancarkan panen sawit. Alsintan yang didanai dari APBD Provinsi merupakan pokir anggota DPRD Komisi V Provinsi Sumatera Barat. Difasilitasi oleh Dinas Perkebun an, Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sumatera Barat.

Acara dimulai dengan silaturahmi di ruang pertemuan Dinas Pertanian Sijunjung dan berakhir dengan penyerahan Alsintan di halaman depan Kantor Dinas Pertanian Sijunjung pada hari senin tanggal 30 Mei 2022 pukul 15.00 WIB. Kepada dua Kelompok Tani yang berasal dari Nagari Mundam dan Nagari Muaro Bodi Kecamatan IV Nagari Kabupaten Sijunjung Sumatera Barat. Dihadiri oleh Wakil Bupati Sijunjung H. Iraddatillah, S.Pt, Komisi V DPRD Provinsi H. Daswanto, SE, Perwakilan Dinas Per kebunan, Tanaman Pangan dan Holtikultura Yenni Asrida, SP, MM, UPTD BMSPP,  Kadis Pertanian Ir. Ronaldi, penyuluh pertanian dan anggota Kelompok Tani penerima bantuan Alsintan.

Dalam kesempatan itu, Wabup Sijunjung berharap kepada seluruh yang hadir bahwa bantuan Alsintan traktor roda empat untuk memanen sawit ini agar dimanfaatkan sebaik mungkin. Jangan sampai lalai merawat dan memeliharanya. Kelompok tani yang menerima bantuan ini sifatnya bergantian dan sesuai kebutuhan. Jika dilihat dari bantuan-bantuan sebelumnya banyak yang tidak bisa dimanfaatkan lagi karena tidak dirawat dengan baik.

Iraddatillah menyampaikan bahwa bantuan Alsintan ini melalui dana pokir anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, sebelumnya Sijunjung belum pernah mendapatkan bantuan traktor roda empat, baru sekarang ini memperoleh bantuan untuk itu Wabup mengucapkan terima kasih atas perhatian DPRD Provinsi serta Dinas Perkebunan, Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sumatera Barat untuk kemajuan petani Sijunjung. Bagi Kelompok Tani yang mendapatkan bantuan agar dapat juga meminjamkan dan membantu Kelompok Tani lain yang belum mendapatkan bantuan alsintan ini.

Wabup juga berpesan kepada H. Daswanto agar memprioritaskan Keltan lain yang belum mendapatkan bantuan. Tentunya untuk meratakan perkembangan dan kemajuan pertanian di Sijunjung yang nantinya berdampak ke sektor perekonomian masyarakat.

Menjawab permintaan Wabup Sijunjung, H. Daswanto, SE mengatakan masih ada lebih kurang 66 Alsintan yang akan diserahkan bertahap mulai bulan Juli 2022 mendatang. Sebagai perwakilan suara rakyat di DPRD Provinsi, Daswanto berjanji akan mengupayakan yang terbaik sesuai dengan tupoksi nya. Tidak hanya bidang pertanian tapi juga sarana dan prasarana pendidikan khususnya untuk tingkat SMA dan SMK.

Kelompok Tani yang menerima Alsintan adalah Bafifo ketuanya Rusdianto dari Nagari Mundam mengajukan proposal sejak tahun 2021 dan Gaboyo ketuanya Sefni Karim diajukan mulai 5 tahun yang lalu dengan luas kebun sawit sekitar 65 hektar di Muaro Bodi. Sebelumnya untuk panen meminjam mesin traktor Dinas Pertanian Sijunjung. 

Kadis Pertanian Ir. Ronaldi menyampaikan bahwa total bantuan Alsintan sebanyak 68 unit, dan akan diberikan secara bertahap. Terdiri dari :
- Traktor roda empat sebanyak 2 unit.
- Traktor roda dua 8,5 PK Yanmar 2 unit.
- Traktor roda dua 6,5 PK Yanmar 18 unit.
- Cultivator sebanyak 17 unit.
- Hand Sprayer sebanyak 10 unit.
- Mesin potong rumput sebanyak 10 unit.
- Hidrotiler (kura-kura) sebanyak 9 unit.

"Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung Sijunjung terutamanya H. Daswanto sebagai anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat yang telah mengalokasikan dana pokirnya untuk membantu petani, Dinas terkait di Provinsi telah berkenan memfasilitasi dan Wabup Sijunjung yang telah memberikan arahan, mudah-mudahan bisa membantu masyrakat pasca panen sawit, dan Alsintan ini agar dirawat sebaik-baiknya agar alatnya bisa bertahan serta dimanfaatkan lebih lama", pungkas Ronaldi.(Hasnawati)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama