Hadi Santosa Ketua KPU Kabupaten Blitar : Adakan Sosialisasi Tahapan Pemilu 2024


Realitakini.com- Blitar.
Gelaran Pemilu 2024 sudah mulai memasuki tahapan, karena PeraturanKomisi Pemilihan Umum mulai di launching.yang dihadiri utusan Kapolres Blitar ,utusan Kodim 0808 Blitar ,Banwaslu Kabupaten Blitar , perwakil an beberapa Partai di Kabupaten Blitar . jadi kalau di hitung mundur sesuai UU, Tahapan pemilu di mulai 14 Juni 2022. Untuk Peratur an KPU nomor 3 tahun 2022, ia katakan bahwa itu sudah terbit pada Jumat lalu.” Katanya, Senin (14/06/2022).malam


Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Blitar, Hadi Santoso menyampaikan Keputus an yang sudah di ambil KPU bahwa pe laksanaan pemilu di mulai Pada 14 Juni 2022, KPU RI telah melakukan launching tahapan pemilu dengan mengundang KPU Propinsi Se- Indonesia. Kemudian KPU Kabupaten dan Kota seluruh Indonesia dengan cara Daring.

“Terkait Acara launching tersebut, KPU Kabupaten Blitar mengundang stakeholder dan seluruh Partai Politik yang datanya sudah ada di KPU,” Jelas Hadi.

Terkait partai politik, Kata Hadi pihaknya di beritahu KPU RI, bahwa parpol yang ter daftar di Kemenkumham ada 75.

“Namun untuk di Kabupaten Blitar yang kita undang partai politik yang ada kursinya dan yang sudah berkomunikasi dengan kita jumlahnya 16 partai politik. Perlu di ketahui, Tahapan pemilu itu ada 11. Mulai dari perencanaan program, penyusunan aturan KPU dan anggaran sampai dengan pelaksana an sumpah dan janji jabatan,” terang  Hadi.

Selain hal tersebut di atas, Hadi jelaskan tahapan yang awal yakni pendaftaran Partai politik nanti sebagai pelaksananya adalah KPU RI dan di mulai tanggal 29 Juli 2022. Setelah KPU RI memverifikasi administrasi, partai politik yang lolos akan di kirim ke KPU Kabupaten dan Kota untuk di verifikasi faktual.

“Verifikasi faktual yang di lakukan KPU Kabupaten Kota adalah seperti ke pengurusanya sudah memenuhi 50 dari Kecamatan, sudah punya Kantor atau belum, lalu jumlah keanggotaannya sudah me menuhi 1000 anggota atau seperseribu.” Tegasnya.

Hadi Santosa menghimbau kepada Partai politik yang ada di Kabupaten Blitar, karena saat ini sudah memasuki tahapan pemilu, jadi di setiap kegiatan yang diadakan KPU,
 terutama terkait sosialisasi bisa di ikuti agar informasinya sampai ke calon peserta pemilu.

“Lalu juga proaktif meminta informasi ke KPU Kabupaten, dan kita sudah menyiapkan Help Des. Artinya informasi apa pun yang di minta akan kita layani sebaik-baiknya,” pungkas Hadi.(edy).

Post a Comment

Previous Post Next Post