Lepas 434 Atlet Berlaga Di Fornas VI Palembang, Ini Pesan Gubernur Sumbar

Realitakini.com-Padang
Gubernur Sumatera Barat, Buya Mahyeldi, melepas Kontingen Sumbar untuk bertanding pada Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) VI yang akan berlangsung di Palembang, Sumatera Selatan pada 1 hingga 7 Juli mendatang, di Auditorium Gubernuran, Senin (27/6/2022). 

Kekuatan Sumatera Barat (Sumbar) dalam Fornas kali ini sebanyak 434 atlet yang akan berlaga pada 23 Induk Organisasi Olahraga (Inorga) dari 49 Inorga yang dipertandingkan.

Gubernur Sumatera Barat, Buya Mahyeldi, dalam sambutannya berpesan kepada kontingen untuk ber semangat dalam bertanding namun tetap mengedepankan nilai sportifitas, akhlak, dan moralitas.

"Jika olahraga hadir ditengah masyarakat hal tersebut akan menghadirkan suasana yang sangat baik, sportif, dan ini merupakan nilai-nilai dari moralitas," ujar buya. 

Gubernur juga berharap kepada segenap pengurus Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Kormi) Sumbar, agar bisa memasyarakatkan olahraga rekreasi ke tingkat kabupaten hingga nagari, agar masyarakat sehat dan bugar karena olahraga. 

"Dalam rangka untuk menggerakkan olahraga masyarakat, tolong hal ini ditindaklanjuti dengan membuat surat edarannya. Kemudian kepada para Inorga bisa membuat kegiatan di masing-masing nagari. Karena hal tersebut sangat penting untuk olahraga masyarakat," imbuh gubernur.

Sementara itu, Ketua Kormi Sumbar, Aristo Munandar berharap prestasi kontingen Sumbar tahun ini bisa lebih baik lagi dari sebelumnya. Pada Fornas V yang digelar di Kalimantan Timur tahun 2021 yang lalu, Sumbar menduduki peringkat 9 dengan perolehan 4 emas, 5 perak dan 2 perunggu. Ia juga menambahkan keberangkatan Kontingen Sumbar ini terbagi kedalam dua kloter.

"Kloter I berangkat pada tanggal 29 Juni 2022, sedangkan Kloter II berangkat pada tanggal 30 Juni 2022," ujarnya. 

Fornas Ke-VI tersebut akan diadakan pembukaannya pada 1 Juli mendatang di Veneu Dayung Kawasan Jakabaring. Ajang olahraga ini nantinya akan dibuka langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo. (Via/MMC/Diskominfotik Sumbar/RK)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama