Lestarikan Budaya Leluhur Turun Menurun, Desa Purworejo Gelar Bersih Desa

Realitakini com-- Blitar.
Pemerintah Desa (Pemdesa ) menggelar bersih desa dengan Rasa wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, sekaligus nguri – nguri atau melestarikan tradisi para leluhurnya,  Desa Purworejo Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar menggelar ritual bersih desa.Tradisi bersih desa yang dilakukan secara turun temurun ini dikemas dalam ritual budaya melalui pagelaran wayang kulit ruwatan bersih desa di Pelataran Kantor Desa Purworejo, Jumat malam Sabtu (24/06/2022).

Kepala desa Purworejo Kalinggo Purnomo mengatakan, puji syukur kepada Allah, Tuhan Yang Maha Esa pada malam hari ini tanggal 24 Juni Tahun 2022. Kita melaksana kan kegiatan bersih desa dan juga ambal Warso Desa Purworejo yang ke 312.

Kegiatan Bersih Desa Purworejo merupakan Momentum yang sangat berharga bagi kami mengingat sudah 2 tahun kita pandemi tidak bisa menggelar pagelaran kesenian tradisional wayang kulit secara terbuka. Momentum ini yang luar biasa karena bisa disaksikan oleh seluruh warga masyarakat Desa Purworejo dan bertepatan dengan hari jadi Desa Purworejo yang ke-312 dan bersih Desa Tahun 2022,"tuturnya.

Alhamdulillah, Kalinggo mengatakan petilas an yang ada di dusun gentong Desa Purworejo Kabupaten Blitar di petilasan Tri Tinggal. insyaallah pada malam hari ini akan mendapatkan pengukuhan dari Keraton Surakarta Hadiningrat.

Semua ini menjadikan momentum yang sangat berjasa dan bersejarah bagi warga Desa Purworejo dan juga pemerintah Desa Purworejo,"ujarnya.

Lebih lanjut Kalinggo Purnomo menyatakan, rangkaian acara Bersih Desa Purworejo, diawali dari tanggal 23 Juni, mengadakan ziarah dan tabur bunga ke makam Kepala Desa atau Demang yang sudah meninggal dunia diawali dari Mbah Karto atau Mbah Pret.  Kemudian Mbah Kartodiwiryo, Mbah Martodirwiryo, Mbah Karto Utomo dilanjut kan ke Mbah Suratno terakhir di makam Bapak Supandi.

Pada siang harinya dilanjutkan selamatan atau kenduri di pemakaman Mbah mustinah yang juga salah satu pengikutnya Mbah Pret serta selamatan di petilasan Tri tinggal ,"ucapnya.

Terakhir, Kades Purworejo Kalinggo Purnomo berharap, bagi kami bersih desa ini adalah suatu adat istiadat turun ter murun dan untuk menguri-nguri budaya dengan kita berdoa terus kemudian mem berikan hiburan kepada masyarakat.

Dengan harapan dengan adanya bersih desa ini seluruh warga Desa Purworejo hingga Perangkat Desa Purworejo serta lembaga-lembaga Desa selalu diberikan kesehatan kekuatan rezeki yang panjang,  semua terhindarkan dari bala dan bencana ter masuk bencana covid yang sudah 2 tahun melanda kita semua. Semoga ini sudah sirna dan kita bisa hidup normal kembali, sehingga ekonomi bisa berjalan lancar seperti sedia kala,"pungkasnya.

Wakil Bupati Blitar Rahmat Santoso mengata kan, tradisi bersih desa Purworejo yang di lakukan secara turun temurun ini dikemas dalam ritual budaya sangat bagus.

Sehingga pada bersih desa Purworejo dapat bermanfaat bagi masyarakat desa Purworejo , juga kebangkitan ekonomi dapat kembali sedia kala,"terangnya.

Hadir dalam acara bersih Desa Purworejo Kecamatan Sanankulon Wakil Bupati Rahmat Santoso didampingi Camat Sanankulon, Kades Purworejo Kalinggo Purnomo dan Perangkat Kecamatan dan Desa Purworejo.( kmf/ edy)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama