Resmi Mengundurkan Diri Sebagai Tuan Rumah Porprov Tahun 2023, Pemerintah Tanah Datar Sampaikan Alasannya.


Realitakini.com Tanah Datar                              -Pemerintah kabupaten Tanah Datar secara resmi menyatakan mundur sebagai tuan rumah pada Pekan Olaraga Propinsi (Porprov) Sumatra Barat yang akan digelar pada tahun 2023 mendatang.

Hal itu disampaikan wakil bupati Tanah Datar Richi Aprian, SH, MH saat menghadiri Rapat koordinasi pimpinan propinsi Kabupaten/kota se Sumatra Barat, Senin (06/06/2022) di Auditorium kantor gubernur Sumatra Barat.

"Pemerintah kabupaten Tanah Datar melalui surat bupati tanah datar sudah menyampaikan kepada pemerintah propinsi Sumbar tanggal 22 April 2022 menyatakan mundur sebagai tuan rumah Porprov ke-XVI tahun 2023," ujarnya.

Disampaikan Wabup permasalahan anggaran baik anggaran penyelenggaraan ataupun anggaran pembangunan venue cukup besar belum dimiliki oleh daerah.

"Ada beberapa faktor yang menjadihkan Tanah Datar mengundurkan diri menjadi tuan rumah, mulai dari anggaran sampai pengurus KONI yang sudah habis masa jabatan dan sedang menunggu SK perpanjangan masa jabatan serta dengan masalah persiapan KONI persiapan atlet dan venue," tutur Wabup.

Sementara itu Gubernur Sumatra Barat Mahyeldi menyampaikan Porprov ke-XVI  harus digelar tahun 2023 sekaitan dengan persiapan menyambut Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2024.

"Tanah Datar  secara resmi mengundurkan diri sebagai tuan rumah, sebagai salah satu syarat untuk mengikuti PON tentu saja Poprov harus dilaksanakan untuk itu mari kita koordinasikan daerah siap menggelar kegiatan ini mendampingi Padang Panjang," kata gubernur.

Selepas koordinasi dengan mempertanyakan kesiapan kabupaten dan kota lain yang mau dan mampu menjadi tuan rumah ajang olahraga ini mendampingi Padang panjang akhirnya disepakati kota Padang menggantikan Tanah Datar.

"Kota Padang sebagai ibukota propinsi tentu mempunyai dan memiliki potensi dan sarana dan prasarana yang lengkap dan memadai untuk menggelar ajang ini dan tentu tidak salah sama dengan tahun 2016 lalu kota Padang kembali jadi tuan rumah pengganti Porprov tahun 2023 teknis dan jadwal akan dibahas lebih lanjut nantinya," pungkas Mahyeldi .

Rapat koordinasi pimpinan propinsi Kabupaten/kota se-Sumbar dipimpin oleh gubernur dan dihadiri oleh wakil DPRD propinsi Sumbar, Sekda Propinsi Sumbar, Bupati/Walikota dan Wakil bupati/wakil walikota se-sumbar, KONI Sumbar, OPD Sumbar serta undangan lainnya. (Rel/M)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama