Terapkan Kurikulum Merdeka, PPDB SMKN I Sijunjung Banjir Peminat

Realitakini.com--Sijunjung
Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) I Sijunjung buka PPDB Tahap I untuk Tahun Pelajaran 2022/2023 mulai tanggal 9 s/d 15 Juni 2022.Hal ini dikatakan oleh Kepsek SMKN I Jufri, S.Pd ketika ditemui Realitakini.com diruangannya pada hari Kamis siang (09/6/2022). Melihat tingginya minat siswa untuk mendaftar di SMKN I Sijunjung, Jufri menjelaskan bahwa animo masyarakat terhadap lulusan SMK sangat baik. Apalagi didukung oleh jurusan yang tersedia memang dibutuhkan dan bisa bersaing di dunia kerja sekarang ini.

Secara terperinci, Alvines Adeka Putra, Teknisi sekolah (Koordinator Operator PPDB) menjelaskan proses PPDB dilakukan secara online mulai dari entry data pokok, mengisi formulir pendaftaran, mengi si nilai raport dari Sekolah sebelumnya. Sedangkan beberapa surat keterangan yang diperlukan seperti Surat Keterangan Bebas Buta Warna untuk pendaftar Jurusan TKJ dan DKV, diserahkan selengkapnya ke panitia PPDB. Setelah itu akan ada tes tulis dan wawancara atau tes minat bakat.

Perengkingan dan pengumuman kelulusan diselenggarakan pada tanggal 26/6/2022. Setiap pendaftar mendapatkan dua pilihan jurusan, jika tidak lulus di pilihan pertama maka akan di seleksi pada pilihan jurusan kedua. Jika tidak lulus juga, maja bisa mengikuti seleksi Tahap II pada tanggal 2 s/d 4 Juli 2022 mendatang.

Kaprog Keahlian Bustamsir, S.Pd disela pengarahan kepada peserta PPDB mengatakan, rencana siswa yang akan diterima sebanyak 378 orang untuk 9 jurusan yaitu  TKJ, Desain Komunikasi Visual (DKV), Desain Produksi Busana, Bisnis Digital, Bisnis Retail, Manajemen Perkantoran, Akuntansi, Kuliner, Tata Kecantikan Kulit dan Rambut.

Melengkapi penjelasan sebelumnya, Waka Kesiswaan sekaligus Ketua PPDB SMKN I Sijunjung Ferdi Yogi, SS mengatakan bahwa mulai Tahun Pelajaran 2022/2023 ini, kurikulum yang dipakai adalah Kurikulum Merdeka serta nama jurusan juga diganti. Ada beberapa jurusan baru yang akan dilaksana kan seperti Bisnis Digital serta Tata Kecantikan Kulit dan Rambut.

Sedangkan fasilitas yang tersedia sekarang yakni Rombel sebanyak 36 untuk seluruh siswa, masing-masing tingkatan kelasnya disediakan 12 Rombel. Dengan total Siswa pada tahun sebelumnya sebanyak 1.118 orang, kedepannya ada rencana penambahan gedung ruang belajar tapi masih dalam tahap pe rencana an.

Beberapa peserta PPDB sempat diwawancarai oleh Realitakini.com. Diantaranya yaitu Deri Putri Rahayu dan Evi, alumni SMPN 24 Sijunjung Tamparungo memilih jurusan Tata Boga mendapat antrian no.002 dan 003.Resti dan Wulan dari SMPN 28 Tanjung Gadang memilih jurusan TKJ, rela datang dari pagi untuk mengantri. Walau akhirnya dapat nomor antrian 106 dan 107. Tetap bersemangat mengikuti proses demi proses PPDB ini. PPDB hari pertama sampai siang terpantau di pendaftaran sudah men capai no. antrian ke 430. (Hasnawati)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama