Terus Berbenah, Pustaka Daerah Sijunjung Gandeng Masyarakat Untuk Sukseskan TPBIS

Realitakini.com-Sijunjung
Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Sijunjung terus berbenah. Sejak pengangkatan kembali Kepala Dinasnya Darlias, beberapa waktu lalu. berbagai fasilitas telah disediakan bagi pe ngunjung perpustakaan dan akses ke masyarakat lebih dibuka lagi.

Pustaka daerah Sijunjung menyediakan lebih dari 20.000 buah buku dari segala klasifikasi, 3 unit komputer, ruang baca yang luas di lantai 1 dan 2, Pojok KPU yang menyediakan data-data yang berhubungan dengan Pemilu di Kabupaten Sijunjung, BI Corner yang dilengkapi tempat duduk yang nyaman, rak berisi laporan perekonomian Sumatera Barat, TV, dan buku penunjang terkait bidang ekonomi. Selain itu pengunjung juga bisa melihat dokumentasi Kabupaten Sijunjung di Ruang Galeri Foto Kabupaten Sijunjung.

Realitakini.com didampingi oleh Kabid Otomasi dan Pelayanan Perpustakaan Rika Nursanti, S.Pt, MM, menyempatkan diri melihat fasilitas yang tersedia di Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Sijunjung pada hari Kamis (09/6/2022).Rika Nursanti menjelaskan tentang Program terbaru dari Perpustakaan Nasional yaitu TPBIS (Transformasi Perpustakaan Berbasis Sosial) yang dilaksana kan dengan syarat daerah harus sanggup melaksanakan kegiatan-kegiatan sosial di perpustakaan daerah, bisa dibidang seni, pertanian, literasi dan lain-lain. 

Dengan tujuan meningkatkan minat baca dan me ningkatkan IPLM (indeks pembangunan literasi masyarakat). Untuk menunjang program tersebut, Pustaka Nasional akan memberikan bantuan 1.500 buku, 3 unit komputer ditambah 1 unit printer.

Untuk melaksanakan TPBIS ini, Pustaka Daerah Sijunjung akan segera mengadakan Bimtek Madu Galo-Galo yang ditujukan bagi lansia, bekerjasama dengan penyuluh pertanian. Kemudian dengan memanfaatkan ruang baca yang luas, pustaka daerah Sijunjung juga akan membuka kursus tari gratis bagi anak-anak. Selain itu juga ada tawaran kerjasama dari COPMI Sijunjung untuk membuka kelas menulis, melukis dan mendongeng secara gratis yang didukung oleh para seniman dan sastrawan Sijunjung. Yang ditanggapi dengan antusias oleh Pustaka Daerah Sijunjung.

Rika Nursanti berkata, "Kemarin berpikir literasi itu hanya berhubungan dengan pengetahuan saja,kalau sekarang literasi ternyata juga bisa digunakan untuk peningkatan kesejahteraan juga".Sementara itu Kadis Pustaka yang dijumpai di sela kesibukan mempersiapkan kegiatan tersebut menyampaikan, "Apa saja boleh dibuat dan dilaksanakan di Pustaka. Harapannya dengan semakin membaca semakin mempu nyai ilmu, dengan berilmu maka akan mengubah taraf hidup masyarakat". 

"Seorang penggiat yang miskin lantas membaca ilmu terapan kemudian menerapkannya dan menghasil kan uang yang bisa digunakan untuk penunjang ekonomi keluarga," pungkas Darlias.(Hasnawati)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama