Rehab Berat Kantor Camat Lubuk Sikaping Dimulai Tahun Ini

Realitakini.com -- Pasaman 
Pembangunan rehab berat Kantor Camat Lubuksikaping menggunakan dana APBD Tahun Anggaran 2022 melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Pasaman dimulai tahun ini

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pasaman melalui Kepala Bidang Cipta Karya, Donni Indra, Selasa (12/7/2022).
 
"Ada satu unit Kantor Camat yang akan dibangun menggunakan APBD Pasaman tahun 2022 ini, karena pembangunan kantor Camat tidak bisa menggunakan dana dari kantor Camat tersebut," ujar, Donni Indra.
 
Donni menambahkan, untuk satu unit Kantor Camat itu pagunya lebih kurang Rp1, 5 miliar. Saat ini terkait pembangunannya, tinggal proses persiapan penandatanganan kontrak oleh pihak rekanan. 

"Pagu dana untuk pembangunan satu unit kantor camat itu Rp1, 5 miliar, dan kini tinggal proses persiapan penandatanganan kontrak oleh pihak rekanan, " terangnya. 

Menurut Kepala Bidang Cipta Karya, kantor Camat Lubuksikaping tersebut sudah selayaknya di rehab bangunannya, sebab bangunannya sudah tua dan kurang layak untuk digunakan. Sehingga Pemerintah Kabupaten Pasaman melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) merasa perlu untuk melakukan rehab berat kantor Camat tersebut. Hal ini bertujuan untuk menunjang kelancaran administrasi pemerintahan di tingkat Kecamatan.

Donni juga menyebutkan, selain pembangunan kantor Camat, tahun ini pihaknya juga bakal melaksanakan kegiatan pembangunan Pasar Nagari Silayang, Kecamatan Mapattunggul Selatan dengan pagu dana Rp1 miliar yang bersumber dari APBD Pasaman. 

"Pembangunan Pasar Nagari di Silayang tersebut mencakup, pembangunan los pasar, los kering, saluran keliling pasar, serta WC," sebutnya. 

Tidak itu saja, pembangunan Drainase dalam Kota Lubuksikaping juga bakal dibangun tahun ini dengan pagu dana Rp1, 2 miliar yang juga bersumber dari APBD Pasaman. 

"Terkait pembangunan pasar Nagari Silayang, dan Pembangunan Drainase dalam kota Lubuksikaping itu, kita hanya tinggal mengirim dokumen lelangnya ke ULP Pasaman untuk ditenderkan," terangnya. 

Kata Donni lagi, untu kegiatan di Bidang Cipta Karya yang dananya bersumber dari APBD Kabupaten Pasaman tahun 2022 ini total angarannya mencapai Rp11, 5 miliar. 

"Dari anggaran Rp11, 5 miliar itu, kegiatan yang akan dilaksanakan meliputi, rehab kantor camat, pembangunan pasar nagari Silayang, pembangunan drainase dalam Kota Lubuksikaping, perpipaan, jalan lingkung, serta pokir anggota dewan," tambahnya. 

Selanjutnya, terkait kegiatan di bidang CK yang anggarannya bersumber dari DAK tahun 2022 ini pagu dananya mencapai Rp13 miliar.

Kata Doni, dari Rp13 miliar DAK tahun ini, kegiatannya meliputi, kegiatan Air bersih Rp8, ,3 miliar, dan kegiatan sanitasi Rp4, 7 miliar.

Terkait kegiatan perluasan spam jaringan perpipaan dengan pagu dana Rp8, 3 miliar itu, lokasi kegiatannya tersebar di 7 kenagarian seperti, Nagari Tanjung Beringin, Limo Koto, Panti Timur. "Kegiatan perluasan spam jaringan perpipaan di tiga kenagarian ini programnya sedang berjalan, " sebutnya. 

Sementara untuk kegiatan, perluasan spam jaringan perpipaan di Nagari Muaro Tais dan Nagari Ladang Panjang, saat ini pihak rekanan sedang menunggu jaminan. "Kita perkirakan, kegiatan di dua kenagarian itu, pada minggu ini bakal tekan kontrak, " kata dia. 

Sedangkan kegiatan perluasan spam jaringan di Nagari Malampah, hingga saat ini masih dalam proses masa sanggah di ULP Pasaman, dan berakhir pada tanggal 14 Juli 2022 ini. "Untuk perluasan spam jaringan di tujuh kenagarian ini, paling lambat tanggal 20 Juli 2022, seluruh kegiatannya sudah terkontrak, " ucapnya. 

Kemudian, tekait kegiatan sanitasi Rp4, 7 miliar dari DAK itu, kegiatannya meliputi pembangunan tanki septic skala individual pedesaan sebanyak 13 lokasi di daerah ini. 

Doni berharap, seluruh kegiatan dibidang CK ini, baik yang bersumber dari APBD dan DAK tahun ini dapat berjalan sesuai jadwal ya g telah ditentukan. 

"Kita berharap seluruh kegiatan di bidang ini berjalan dengan baik dan ancar, sehingga hasilnya kedepan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat di daerah ini, " pungkasnya. (Nurman)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama