Songsong Tahun Baru Hijriyah, HV Tang Aie C& R Asah Bakat Da'i Cilik

Realitakini.com--Sijunjung
Dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriyah, HV Tang Aie Cafe & Resto bersama seluruh penyuluh agama di Kecamatan Kamang Baru menggelar acara Gebyar Muharram pada Rabu (27/7/2022) yang bertujuan mengasah bakat dan mental para da'i serta da'iyah cilik se-Kecamatan Kamang Baru.

Mengangkat tema "Melalui Semangat Muharram Mari Kita Rajut Ukhuwah Menggapai Berkah", acara Gebyar Muharram ini dimeriahkan dengan aneka Lomba Islami seperti MSQ, Imla' serta Lomba Adzan. Yang diikuti oleh utusan dari TPQ, MDTA, SD, MTsN bahkan hingga jenjang SMA di lingkup Kecamat an Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung Sumatera Barat.

Hendri dan Vivi, Pemilik HV Tang Aie Cafe dan Resto selaku inisiator dan promotor tunggal kegiatan Gebyar Muharram menyampaikan, bahwa acara ini digagas sudah lama, karena berbagai faktor baru bisa diselenggarakan pada saat ini. 

"Kami sebagai pengusaha Cafe dan Resto yang memang baru saja berjalan beberapa bulan. Tapi niat untuk menggelar acara ini sudah dari lama. Sebagai wujud kepedulian kami terhadap generasi muda dan dalam rangka mensyiarkan agama Islam," tutur Hendri yang diamini oleh istri tercinta.

"Untuk melaksanakan ide tersebut, kami minta bantuan dan bekerjasama dengan FK-PAI sebagai pelaksana kegiatan. Karena lebih pas dengan tujuan lomba. Dan rencananya akan menjadi agenda rutin HV Tang Aie Cafe & Resto yang akan diselenggarakan sebanyak dua kali setahun," jelas Hendri. 

Bertindak sebagai Ketua Panitia, Penyuluh agama Kecamatan Kamang Baru Meris Wardi, S.Sos, mengatakan kepada Realitakini.com bahwa acara Gebyar Muharram berlangsung berkat kerjasama, HV Tang Aie C & R dengan penyuluh agama se-kecamatan kamang baru atau dinamakan FK-PAI (Forum Komunikasi-Penyuluh Agama Islam). Dengan kategori umur mulai dari kelas 1 SD hingga kelas 3 SMA. Total Peserta yang mendaftar sekitar 175 orang lebih.

"Jadi kami dari FK-PAI bertindak sebagai pelaksana, sedangkan ide dan sumber dana maupun fasilitasi semuanya dari pemilik HV Tang Aie Cafe & Resto yaitu Hendri dan Vivi," ujar Meris Wardi.

"Untuk total jumlah Panitia terdiri dari 25 orang penyuluh agama. Sedangkan Dewan Juri terdiri dari 3 orang perwakilan kantor Kemenag Sijunjung yaitu Kasi Haji H. Asrizal, S Ag, MA, Kasi Pontren H. Baktiar, SH, MA dan Humas Nori Bahar, SHI, MH. Kemudian Kepala KUA Kamang Baru Mulyanto, S.Ag, Penyuluh Fungsional KUA Kamang Baru Emriadi, S.Ag, Kenny Robert (Qori Nasional dari Dharmasraya) serta Daswarman, S.Pd.I (Staff TU MTsN 5 Kamang Baru)," lanjut Meris.

Acara Gebyar Muharram dihadiri oleh anggota DPRD Sijunjung Mukhlis, SHI (PPP) dan Sukardi S.Sos (Nasdem). Kemudian Camat Kamang Baru Nasruddin, SE,  Walinagari Sungai Lansek, Ketua BPN, Ketua KAN, Ketua LKAAM, para peserta lomba serta masyarakat sekitar. 

Karena banyaknya peserta, maka lokasi lomba di bagi dua yaitu untuk Lomba MSQ dan Imla' dilaksana kan di HV Tang Aie Cafe & Resto, sedangkan Lomba Adzan bertempat di Mesjid Raya Baiturrahman Sungai Lansek.

Acara dibuka secara resmi jam 09.30 WIB oleh Kasi Pontren H. Baktiar sebagai perwakilan Kakan Kemenag Sijunjung. Dan ditutup oleh Fungsional KUA Kamang Baru Emriadi, S.Ag. Untuk pemenang lomba Imla' : Juara I Novva Azzahra dari Nurul Ulya, Juara II Nurhasanah dari Nurus Shalikin dan Juara III Siviola Zahra dari Baitul Qur'an. Pemenang lomba MSQ : Juara I SMAN 10 Sijunjung, Juara II TPQ Nurul Mukminin, Juara III Ponpes Miftahul Jannah. Dan Pemenang lomba Adzan : Juara I Anton dari MDTA Al-Ikhlas, Juara II Aqilia A. Rizki Andra dari TPQ Al-Anwar, Juara III Fatan Ananda Afsah dari TPQ Amirul Mukminin.

Hadiah berupa trophy, uang tunai serta bingkisan diberikan langsung oleh pemilik HV Tang Aie C&R, selaku sponsor tunggal dan donatur acara Gebyar Muharram. Sedangkan piagam dibagikan kepada seluruh peserta oleh panitia. (Hasnawati)

Post a Comment

Previous Post Next Post