Pembangunan Kawasan Perdesaan Harus Dimaksimalkan Perencanaan Dan Penganggarannya

Realitakini.com-Pesisir Selatan
"Dalam hal ini, seluruh perangkat daerah terkait mesti bersinergi dan saling berkoordinasi, sehingga pembangunan nagari dan kawasan perdesaan dapat dilakukan secara maksimal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," pinta Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar, Senin (5/9) di Painan.

Sinergitas perencanaan dan penganggaran pem bangunan kawasan perdesaan dan pembangun an prioritas sektoral lainnya menjadi satu ke satuan yang tidak dipisahkan dalam upaya untuk men dukung pembangun an nagari, pertumbuhan ekonomi skala nagari dan daerah

Lebih lanjut bupati mengatakan, sinergi pem bangunan nagari dan kawasan perdesaan itu dimulai dari perencanaan dan penganggaran, pelaksanaan dan pengendalian pembangunan, pengembangan potensi dan produk unggulan nagari dan kawasan.

Penguatan peran kelembagaan pemerintahan, masyarakat, kelembagaan ekonomi dan lainnya perlu di tingkatkan. Lalu, pembangunan dan peningkatan pelayanan sosial dasar masyarakat dan sebagainya,

Sedangkan yang terkait dengan penguatan peran pendampingan dan fasilitasi difokuskan pada penerapan teknologi dan inovasi pembangunan, membangun kemitraan dan kerjasama.

"Ya, kita berharap sinergi perangkat daerah terkait dan stakeholder lainnya dalam memacu pembangunan nagari kedepan harus dimaksimalkan. Kemudian potensi nagari mesti dioptimalisasi dengan baik untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat," katanya. Yulman Anuar9 RK/Kmf)

Post a Comment

Previous Post Next Post