Sekda Kab Blitar Terima secara simbolis Pataka Jer Basuki Mawa Beya

 
Realitakini.com+Blitar
Pemerintah Kabupaten Blitar menggelar upacara penerimaan bendera lambang Provinsi Jawa Timur yaitu, Pataka Jer Basuki Mawa Beya. Pataka yang diserah kan dari Pemerintah Kota Kediri, dan diterima secara simbolis oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Blitar Izul Marom, yang selanjutnya di serahkan kepada Kepala Satpol PP Kabupaten Blitar, di Pendopo Sasana Adi Praja Kanigoro.
Jumat (23/09/2022)

Hadirdalam kegiatan upacara penyerahan Pataka tersebut Forkompinda Kabupaten Blitar, Asisten, Kepala OPD dan Camat di wilayah Kabupaten Blitar, Kepala Satpol PP dan jajaran,anggota Damkar Kabupaten Blitar.

Dalam amanatnya Sekretaris Daerah Kabupaten Blitar Izul Marom mengatakan, Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya ini diberangkatkan dari Gedung Grahadi oleh Gubernur Kofifah Indar Parawansa pada 16 September, dan rencananya akan kembali di Grahadi nanti 11 Oktober 2022, setelah dikirab melalui 38 kabupaten/kota di wilayah Provinsi Jawa Timur.

"Dan kedatangan pataka Jer Basuki Mawa Beya ini menambah support bagi kami, untuk membawa kabupaten Blitar yang lebih maju dan sejahtera," ungkap Sekda Izul.Jumat (23/09/2022)

Lebih lanjut Izul mengatakan, Jer Basuki Mawa Beya sendiri adalah merupakan lambang Provinsi Jawa Timur yang mempunyai arti bahwa setiap keberhasil an memerlukan pengorbanan.

"Sesuai dengan Perda Jatim  No 3 tahun 1966, Jer Basuki Mawa Beya ini merupa kan filosofi jawa. Dan ungkapan ini telah menjadi motto hidup masyarakat Jawa, khususnya warga Jawa Timur, yang me ngandung makna bahwa untuk mencapai kebahagiaan diperlukan pengorbanan," papar Sekda Kabupaten Blitar Izul Marom.

Sekda Kabupaten Blitar juga menambah kan, lambang provinsi Jawa Timur ini, juga  melambangkan semangat berapi-api, yang telah diwariskan oleh para nenek moyang. 

"Semangat untuk membangun, berkarya bagi bangsa, menuju masyarakat adil dan makmur, aman tentram dan damai,murah sandang dan pangan," tuturnya.

Untuk diketahui Kirab Pataka ini, merupa kan persembahan dari Forum Koordinasi Satuan Pol PP, Linmas dan Damkar dan Penyelamatan Provinsi Jawa Timur, dan seluruh masyarakat kabupaten/kota Jawa Timur, dalam rangka menyemarakkan Hari Jadi Provinsi Jawa Timur ke 77 tahun 2022 ini, juga untuk menggelorakan Jatim Bangkit menuju Jatim Cetar Indonesia maju. 

Sementara itu,Kepala Satpol PP Kabupaten Blitar, Rustin juga turut menambahkan, kegiatan hari ini luar biasa dengan ada nya kirab pataka Jer Basuki Mawa Beya. 

"Dan semoga acara ini bisa menjadi  agenda resmi Provinsi Jawa Timur. Memang betul ini adalan inisiasi dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan direstui oleh Ibu Gubernur Jatim," pungkas Rustin. (kmf/edy)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama