Bupati Blitar Dampingi Wakil Ketua DPR RI Hadiri Upacara Siraman Gong Kyai Pradah .

Realitakini.com-Blitar 
Pemerintah Kabupaten Blitar mengelar upacara ritual Budaya Siraman Gong Kyai Pradah di Kecamat an Sutojayan Kabupaten Blitar Minggu ( 09/10/2022)Pada upacara ritual Siraman Gong Kyai Pradah yang sudah merupakan budaya rutin , di gelar oleh masyarakat Kabupaten Blitar , khususnya di sekitar Wilayah Kecamatan Sutojayan 

Ritual ini digelar dua kali dalam setahun yakni setiap 1 Syawal dan Rabiul Awal, bertepatan dengan Maulid Nabi Muhamamd S.A.W. Minggu (09/10/2022)

Yang menarik dalam acara ritual ini di hadiri oleh Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar dan Wakil KetuaPR RI Ahmad Basarah serta  Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Anggia Erma Rini juga sebagai tuan rumah Bupati Blitar Hj Rini Syarifah,Wakil Bupati Blitar Rahmat Santoso, Kapolres Blitar AKBP Adhitya Panji Anom, Dandim 0808/Blitar ,Kepala OPD Kabupaten Blitar.

Bupati Blitar Hj Rini Syarifah menjelaskan ," Siraman Gong Kyai Pradah adalah kegiatan tradisi budaya sebagai bentuk wujud syukur dan doa kepada Allah SWT. karena sampai saat ini  kita masih diberikan nikmat dan keberkahan untuk terus berkarya.

,"Siraman Gong Kyai Pradah merupakan ritual warisan budaya yang harus dilestarikan oleh generasi penerus, " Dan Saya mengajak masyarakat untuk menguri uri atau melestarikan Siraman Gong Kyai Pradah," ajak Bupati Perempuan ini .

Masih menurut orang nomor satu di Blitar ini ,"Selama dua tahun terakhir tradisi ini digelar secara tertutup akibat Pandemi Covid-19,namun  untuk Siraman Gong Kyai Pradah kali ini, Pemkab Blitar menggelar secara terbuka. Artinya boleh dihadiri masyarakat umum secara langsung .

Bupati Rini mengimbau ,"Masyarakat tetap mengikuti vaksinasi karena Covid 19 masih ada juga me ngingatkan masyarakat untuk tetap Waspada dengan menjaga kesehatan dan lingkungan tetap bersih dan sehat," ujar Bupati Blitar Hj Rini Syarifah.

Bupati Blitar dari partai PKB ini juga  meminta ,"Warga yang hadir di siraman gong kyai pradah  men jaga kebersihan dan keindahan alun alun lodoyo dan sekitarnya. Supaya warga bisa nyaman di alun alun sambil menikmati kuliner  khas lodoyo.

Sebab,menurut Bupati,"Upacara Siraman Gong Kyai Pradah ini mendatangkan ribuan masyarakat dan bukan hanya dari Kabupaten Blitar tetapi juga dari luar daerah,begitu juga para pedagang nya ," ungkap Bupati Blitar .

," Dan ini dapat kembali menggeliatkan ekonomi masyarakat,dan Kita berharap  adanya upacara ter sebut Ekonomi masyarakat semakin tertata dengan baik sesuai visi maju bersama sejahtera bersama dapat terwujud. Sehingga warga masyarakat Kabupaten Blitar bisa aman sejahtera dan bahagia," pungkas Bupati Blitar Hj Rini Syarifah.

Saat yang sama Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar yang pertama kali hadir pada upacara ini mengatakan ," Upacara adat Siraman Gong Kyai Padahal ini sungguh mengagumkan , saya termasuk pertama kali dan kaget ,karena begitu antusias masyarakat ,begitu semangatnya masyarakat untuk betul betul secara spritual mengambil makna di balik upacara adat siraman kyai pradah ini 
.
" Tentu ini membahagiakan buat kita semua ,dan diringi shalawat dan doa semoga semua tujuan dan harapan masyarakat disini ,dan seluruhnya terkabul dan sukses ," ujar Wakil Ketua DPR RI. Gus Muhaimin juga menambahkan ," Saya juga berdoa kepada ALLAH SWT ,semoga Bupatinya sukses ,masyarakat Blitar makmur , masyarakat Blitar sejahtera ..

" Yang menarik ini event , rutin yang sudah berlangsung sangat lama ,oleh karena itu saya berharap ini menjadi salah satu  agenda wisata Nasional ,yang memang memberikan kemajuan wisata termasuk kemajuan UMKM di Kabupaten Blitar ," ujar Gus Muhaimin .

Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar juga berucap ," Saya mengundang semua masyarakat di seluruh Indonesia tahun depan kita ketemu lagi pada upacara adat Siraman Gong Kyai Pradah ," ucap Gus Muhaimin .( kmf / edy)

Post a Comment

Previous Post Next Post