Bupati Eka Putra Buka secara Resmi Lomba Kreatifitas Guru TK Se Tanah Datar

Realitakini.com -Tanah Datar                              
Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM membuka secara resmi Lomba Kreatifitas Guru TK se Kabupaten Tanah Datar Tahun 2022, Rabu (19/10/2022) di halaman Istano Basa Pagaruyung Batusangkar.

Dalam giat tersebut turut dihadiri Kadis Pendidikan Riswandi, Bunda PAUD Tanah Datar Lise Eka Putra, Ketua Himpaudi Tanah Datar, Pengurus IGTKI-PGRI Tanah Datar, Ketua Aisyiyah Tanah Datar, Bundo Kanduang dan undangan lainnya

Dalam kesempatan tersebut bupati Eka putra menyampaikan, dalam dunia pendidikan di Taman Kanak-Kanak (TK) ataupun dalam Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), guru menjadi pusat perhatian peserta anak didiknya yang menjadi tauladan ataupun contoh yang akan mereka ikuti, tiru dan pedomani dalam berperilaku di kehidupan sehari-hari mereka. 

"Seorang guru akan menjadi tauladan bagi muridnya, untuk itu seorang guru harus meningkatkan kualitas dan sumber daya diri masing-masing, terutama dalam mengikuti perkembangan zaman. Seperti saat ini, guru hendaknya memahami kurikulum merdeka yang telah diluncurkan pemerintah," ujar Eka. 

Menurut bupati masa usia dini merupakan masa emas (Golden Age), yang tentunya butuh sekali rangsangan pembekalan pendidikan diawali orang tua dan guru sebagai ujung tombak dalam pendidikan. 

"Diketahui kurikulum merdeka memberikan keleluasaan guru atau pengajar dalam memilih dan menyusun perangkat ajar sehingga pembelajaran lebih variatif dan menyesuaikan diri dengan peserta didik," kata Eka lagi. 

Untuk itu Bupati berharap dengan diadakan lomba kreatifitas guru TK se Tanah Datar ini para guru hendaknya tidak hanya menjadi ini sebagai ajang lomba semata, tetapi juga wadah dan sarana untuk mengembangkan diri, dan mempelajari berbagai kreatifitas baru yang ditampilkan peserta lain. 

"Untuk itu saya menyampaikan apresiasi atas kerja keras semua panitia, guru dan dukungan pihak lain yang mendukung kegiatan ini dan semoga dengan adanya lomba ini mendapatkan metode yang baik untuk diaplikasikan dalam belajar mengajar," tutur bupati.

Sebelumnya hal sama disampaikan Bunda PAUD Bunda Lise Eka Putra, Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Tanah Datar selama ini telah mewujudkan dedikasi, pengorbanan dan keikhlasan dalam membantu Pemerintah Daerah meningkatkan mutu pendidikan usia dini untuk layanan taman kanak-kanak. 

"IGTKI PGRI Tanah Datar sebagai organisasi profesi merupakan mitra pemerintah dan Bunda PAUD Tanah Datar dalam meningkatkan mutu pendidikan Taman Kanak-Kanak, karena itu Saya mengajak seluruh anggota IGTKI untuk selalu bergandengan tangan dalam memajukan PAUD di Tanah Datar," katanya. 

Sekaitan dengan kegiatan lomba kreatifitas guru ini, Ny. Lise berharap peserta IGTKI lebih giat meningkatkan dan mengembangkan diri dalam rangka implementasi kurikulum merdeka. 

"Guru di TK harus mampu menanamkan nilai positif pada anak dalam menghadapi efek negatif dari kemajuan teknologi saat ini. Teruslah mengasah kreatifitas dan inovasi sehingga tujuan pendidikan di PAUD dan TK dapat tercapai dengan maksimal," sampainya. 

Sebelumnya, Ketua Pelaksana Endang Royanti yang juga ketua IGTKI PGRI Tanah Datar menyampaikan tema lomba adalah Melalui Lomba Kreatifitas Guru TK se Kabupaten Tanah Datar Kita Tingkatkan Profesionalitas dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. 

"Peserta yang ikuti kegiatan hari ini sebanyak 595 orang dari 14 Kecamatan se Tanah Datar, bakal ikuti 7 cabang lomba yakni Lomba asmaul husna, buat alat peraga edukasi (APE) bahan alam dan bahan sisa, stempel jari, origami, lomba cerita tanpa alat peraga dan pakai alat peraga dan tahfizh," sampainya. 

Endang di kesempatan itu menyampaikan ucapan terima kasih dukungan semua pihak dan bantuan dari Bupati serta berharap ke depannya memperoleh bantuan biaya dari dinas terkait. 

"Saat ini TK Pembina di Tanah Datar baru ada 5 buah dari jumlah idealnya 14 atau 16 TK. Mohon dukungan dinas terkait untuk merealisasikan hal ini. Sedangkan dari 595 guru hanya 136 yang PNS dan tahun depan ada 50% yang bakal pensiun, tentunya hal ini juga menjadi perhatian dinas terkait dan pak Bupati," tukasnya. 

Sementara itu Kadis Pendidikan Riswandi mengatakan, sesuai perintah Bupati akan mengganggarkan tahun depan untuk kegiatan seperti ini. 

"Sesuai arahan pak Bupati, Insya allah akan kita fasilitasi. Dan untuk TK Pembina saat ini ada beberapa surat yang telah masuk ke dinas untuk dijadikan TK Pembina. Karena proses cukup panjang, kita berharap, TK lainnya yang ingin menjadi negeri untuk segera lengkapi bahan sehingga bisa secara bersamaan di urus kelengkapan sampai SK nya, karena itu mohon kerjasama Bapak dan Ibuk yayasan dari TK," sampainya. (Prk/M)

Post a Comment

Previous Post Next Post