Dari Hulu Hingga Hilir, Wagub Audy Tinjau Potensi Perikanan Air Tawar Pasaman

Realitakini.com-Pasaman 
Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy meninjau potensi perikanan dari hulu ke hilir di Kecamatan Rao Selatan, Pasaman, Senin (17/10/22). Dikenal sebagai salah satu sentra penghasil Ikan air tawar, dengan luas kolam perikanan lebih kurang 4.494 Ha Kabupaten Pasaman setiap tahunnya memproduksi setidaknya 58 ribu ton Ikan. Sementara kebutuhan pakan per tahun mencapai 42 ribu ton, Pasaman saat ini baru mampu memproduksi tiga ribu ton pakan per tahun.

Untuk mendorong memenuhi kebutuhan pakan tersebut, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengucurkan Rp12,1 miliar untuk membangun pabrik pakan ikan di Rao Selatan yang dimulai pada Juli lalu. 

Dikatakan Wagub Audy, progress pembangunan pabrik hingga saat ini telah mencapai 78 persen. Diperkira kan rampung pada Desember 2022 nanti, pembangunan pabrik ini diharapkan mampu menutupi seluruh kebutuhan pakan ikan di Kabupaten Pasaman.

"Karena Pasaman penghasil 58 ribu ton Ikan per tahun, jadi kebutuhan pakan nya juga tinggi. Jadi salah satu yang dilakukan membangun pabrik pakan untuk memenuhi kebutuhan pakan ikan petambak di Pasaman," ujarnya.

Selain itu, Wagub juga mengunjungi Masiqa Salai, salah satu UMKM pengolahan dan pembenihan ikan lele asap di Rao Selatan. Meski bisa dikatakan masih industri rumahan, pengelolaan Ikan lele asap di Rao Selatan mampu memproduksi 700 kg Ikan lele asap setiap hari. Tak hanya di Masiqa Salai, beberapa pengolahan Ikan lele asap lainnya di Pasaman bahkan sudah mengekspor produk olahannya ke beberapa negara seperti Malaysia, Singapura, hingga Kenya.

Diketahui Masiqa Salai merupakan salah satu UMKM yang telah didata akan memperoleh bantuan Sertifikasi Sistem Keamanan Pangan atau Hazard Analysis and Critical Control Point (HACCP). Dengan begitu UMKM ini bisa naik kelas dan mengekspor Ikan asap ke luar negeri seperti beberapa UMKM pengolah ikan asap lainnya di Rao Selatan yang telah mendapat bantuan serupa.

Meski kemampuan produksi sudah cukup baik dan sebagian sudah layak ekspor, usaha ini masih menghadapi kendala khususnya pada pemasaran ritel. Hal ini menurut Wagub disebabkan karena kemasan produk dirasa kurang menarik.

"Ini harus diupgrade packaging nya, jadi ga apa-apa cost packaging naik sedikit tapi harga jual bisa lebih tinggi," tutur Wagub.

Disamping pengolahan Ikan asap, Wagub Audy juga mengunjungi kelompok budidaya Ikan Mas Saiyo Saolo, masih di Kecamatan Rao Selatan. Kelompok ini beranggotakan 20 petani Ikan dengan total luas tambak yang dimiliki kurang lebih 20 hektar.

Saat ditemui Wagub para petani Ikan yang tergabung dalam Kelompok budidaya Saiyo Saolo umumnya menyampaikan aspirasi yang serupa.Abdullah, salah anggota kelompok mengatakan lahan tambak milik petani Ikan perlu dibantu tambahan jaringan pengairan sepanjang 5 km dan akses jalan yang mengitari kawasan tambak. Selain itu kelompok budidaya juga mengeluhkan margin pakan dan harga Ikan per kilogram yang dianggap relatif tipis.

Harga per kilogram Ikan Mas di tambak menurut Abdullah saat ini berkisar Rp. 22.000,-. Sementara untuk kebutuhan pakan, pihaknya mengeluarkan Rp. 13.500 per kilogram."Kendala kita disini butuh menambah jaringan saluran air, karena tambak disini memanfaatkan air dari gunung," paparnya.

Diantara keluhan petani Ikan ini sebetulnya sudah dijawab pemerintah, baik di level kementerian, provinsi, maupun kabupaten.Disampaikan Wakil Bupati Pasaman Sabar AS, sebagian dari kebutuhan saluran irigasi sudah dibangun meski belum tuntas. Juga pembangunan pabrik yang diharapkan dapat menekan harga pakan, sehingga akan berpengaruh pada selisih margin penjualan. 

Ditambahkan Wagub Audy, margin juga bisa diperoleh dengan memberikan nilai tambah melalui variasi hilirisasi produk olahan. Dengan begitu pemasaran hasil Ikan juga akan semakin meluas dan keuntungan petani Ikan semakin besar. 

"Karena kan kalau terpaku seperti ini saja pasarnya bisa jenuh. Kalau produk diolah, menjadi ada nilai tambah dan di-branding tentu pasarnya lebih luas dan tidak jenuh," terang Wagub. Ia juga menjelaskan beberapa program pelatihan peningkatan packaging yang disediakan pemerintah dan dapat diikuti kelompok budidaya.

Menanggapi penjelasan Wakil Gubernur, Anggota DPRD Sumbar Khairudin Simanjuntak turut me nyampaikan kesiapannya untuk mendukung program hilirisasi perikanan di Pasaman.

"Kita lihat di daerah lain. Dimana yang bagus, nanti kita bawa kelompok budidaya. Kita belajarhilirisasi dari sana," tuturnya.Inisiatif tersebut disambut antusias kelompok budidaya Saiyo Saolo. (MC /Dinas Kominfotik Sumbar/

Post a Comment

Previous Post Next Post