DPRD Kabupaten Blitar, dengarkan Penyampaian Nota Keuangan Rancangan APBD Tahun 2023. Bupati Blitar

Realitakini.com- Blitar.
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blitar menggelar rapat paripurna Selasa (04/10/2022) .yang dilaksanakan di Graha Paripurna DPRD Kabupaten Blitar, Rapat paripurna kali ini agenda penyampaian Bupati Blitar terhadap Nota Keuangan Rancangan APBD Kabupaten Blitar tahun anggaran 2023.

Rapat Paripurna dipimpin Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blitar Muhammad Rifa’i, didampingi Wakil Ketua Susi Narulita dan Mujib. Turut hadir Bupati Blitar Rini Syarifah, Sekda Kabupaten Blitar Izul Marom, sejumlah kepala OPD dan sejumlah anggota DPRD Kabupaten Blitar. Selasa (04/10/2022)

“Rapat kali ini merupakan tindaklanjuti surat dari Bupati nomor B/900/1998/409.6.2/2022 tanggal 30 September 2022 perihal penyampaian nota keuangan APBD tahun anggaran 2023 Ranperda APBD 2023 da Ranperkada tentang penjabaran APBD tahun 2023,” jelas Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blitar Muhammad Rifa’i saat memimpin paripurna.

Lebih lanjut disampaikannya, berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan oleh Badan Musyawarah me laksanakan paripurna dengan agenda Penyampai an Penjelasan Bupati Blitar terhadap Nota Keuangan Rancangan APBD Kabupaten Blitar tahun anggaran 2023.

Sementara Bupati Blitar Rini Syarifah dalam penjelasannya menyampaikan, salah satunya soal pendapat an daerah yang menurutnya mempunyai peran yang sangat strategis dalam memperkuat kapasitas fiskal kita untuk memperluas ruang gerak dalam membiayai pembangunan.

“Ia menyebutkan, pendapatan daerah dalam tahun anggaran 2023 mengalami peningkatan dari target APBD tahun anggaran 2022. Soal pendapatan asli daerah direncanakan naik sebesar 13,92 persen dari APBD 2022,” terang Bupati Blitar.

Terkait dengan belanja daerah diharapkan akan diprioritaskan terhadap belanja publik sebagai subjek dan obyek pembangunan daerah di Kabupaten Blitar.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga menyebutkan bahwa Ranperda tentang perubahan APBD tahun anggar an 2022 masih dalam proses evaluasi Gubernur Jawa Timur, sehingga eksekutif berusaha semaksimal mungkin menyelesaikan Rancangan Perda APBD 2023 sesuai dengan jadwal yang ditentukan.“Eksekutif  berharap pembahasan Rancangan Perda tentang APBD 2023 dapat berjalan dengan lancar dan dilandasi dengan semangat untuk bersama-sama mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Blitar,” pungkas nya. (edy)

Post a Comment

Previous Post Next Post