Pemkab Pasaman Gelar Sosialisasi dan Simulasi Kebencanaan di Mapattungul



Realitakini.com -- Pasaman
Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman menggelar Sosialisasi dan Simulasi kebencanaan di Nagari Lubuk Gadang Kecamatan Mapattungul mulai 3 - 5 Oktober 2022.

Peserta dalam sosialisasi dan simulasi tersebut diikuti Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Satpol PP dan Damkar, BPBD, Kodim 0305/Pasaman.

Kemudian, Polsek Mapattungul, Puskesmas Mapattungul, Nagari Tangguh Bencana dan 200 orang anggota Pramuka SMK Rao Selatan.

Hal tersebut disampaikan Bupati Pasaman melalui Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BNPB) Pasaman, Alim Bazar pada Realitakini.com, Rabu (5/10/2022).

"Tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut dalam rangka pengurangan resiko bencana di Kabupaten Pasaman,"ujarnya.

Ia juga menyebutkan dalam kegiatan tersebut peserta diberikan pelatihan untuk pengenalan ancaman bencana dan cara penanganan korban tata kelola pengungsian.

Selanjutnya, operasi penyelamatan dan manajemen bencana., Simulasi bencana banjir bandang tanah longsor dan di mulai dari awal terjadi bencana sampai tertangani korban dan pengungsi.

Mengakhiri wawancara, Alim Bazar berharap dengan pelatihan ini, yang selama ini paradigmanya masyarakat ditolong sekarang dengan kegiatan tersebut masyarakat juga ikut serta menolong.(Nurman)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama