Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Bupati Rusma Yul Anwar Jadi Pembina Upacara

Realitakini.com-Pesisir Selatan
Upacara  Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2022 digelar Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan  di GOR H.Ilyas Yakup Painan, Sabtu (1/10). 

Yang bertindak selaku Pembina Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila itu, Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar dan dihadiri Forkopimda, kepala perangkat daerah, ASN, TNI dan Polri, ormas dan pelajar. 

"Pancasila adalah idiologi bangsa yang harus dipelihara dan dipertahankan. Tidak sampai di situ, nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila mesti diaplikasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara ,"kata  Bupati Rusma Yul Anwar 

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang dilaksanakan setiap tahun itu memiliki makna penting dalam sejarah perjalanan bangsa. "Kita mengenang kembali perjuangan para pahlawan yang mengorbankan harta dan jiwanya demi tegaknya idiologi bangsa dari ancaman musuh," katanya.

Dikatakan, banyak nilai-nilai yang terkendung dalam Pancasila bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Untuk itu, nilai-nilai tersebut hendaknya ditanamkan sejak dini kepada generasi muda atau kader-kader yang akan melanjutkan pembangunan bangsa di masa mendatang.

Rusma Yul Anwar juga berharap pengetahuan tentang Pancasila agar diajarkan dengan baik di lembaga pendidikan formal maupun informal atau masyarakat untuk membentuk karakter bangsa yang memiliki idiologi kuat. 

"Mari kita perkokoh semangat persatuan dan kesatuan menuju bangsa Indonesia yang berkarakter. Ke mudian mari kita aplikasikan nilai-nilai luhur Pancasila itu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," ajak Rusma Yul Anwar.RK/Kmf)

Post a Comment

Previous Post Next Post