Wabup Blitar Rahmat Santoso, Langsung Turun Ke Lokasi Banjir.

Realitakini.com- Kabupaten Blitar 
Wakil Bupati (Wabup) Blitar Rahmat Santoso dengan turun langsung untuk membantu masyarakat dalam evakuasi, sekaligus meninjau tempat pengungsian dan kesiapan dapur umum, juga memantau  pengiriman bantuan makanan kepada masyarakat korban banjir di Kecamatan Sutojayan, Senin (17/10/22) pagi.

Saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon Wabup Blitar Rahmat Santoso mengatakan, kami tadi sebenarnya menyiapkan apel siaga bencana, namun itu saya tunda langsung action saja tidak perlu apel siaga bencana. Dan apel ditunda nanti kalau sudah tidak hujan.
Senin (17/10/2022)

"Pertama saya memerintahkan untuk membuka pintu-pintu air agar banjir ini segera surut. Dan ber kutnya kita bersama Kapolres Blitar dan Dandim 0808/Blitar langsung melihat tempat evakuasi korban banjir, yang selanjutnya untuk dinas dan setaek holder terkait untuk segera membantu evakuasi dan berkoordinasi jangan sampai terjadi korban jiwa," tuturnya.

Selebihnya Wabup Rahmat juga menyampaikan, kita juga sudah menyiapkan tempat pengungsian bagi masyarakat korban banjir. Selain saya meminta untuk mengutamakan dulu evakuasi kepada ODGJ, Disabilitas, Ibu Hamil, Lansia dan Balita, dan tadi juga ada dua orang bayi yang baru lahir juga.

"Dan untuk bayi tadi saya memerintahkan untuk di bawa ke Rumah Sakit atau minimal di Puskesmas, tidak saya sarankan untuk di tempat pengungsian, karena ada dua bayi yang masih kecil sekali tadi," ungkap Wabup Blitar Rahmat Santoso.
Blitar senin (17/10/2022)

Sosok Wabup yang akrab disapa Makde Rahmat ini juga mengatakan, dan dari persediaan makanan juga sudah kami siapkan.

"Sebelum dapur umum itu jadi, dari Dinsos Kabupaten Blitar sudah menyiapkan dan mengirimkan makanan jadi (siap saji) dulu. Kita tadi meninjau di daerah Kembang Arum, Sukorejo dan yang terparah, banjir terjadi di daerah Sukorejo," ucap Makde Rahmat.Pemkab Blitar akan segera ber koordinasi dengan pihak-pihak dan Dinas terkait, untuk berupaya segera mengatasi adanya banjir susulan, dan supaya tidak menjadi langganan banjir di setiap tahunya.

"Dan kepada masyarakat tidak usah panik, dan mohon bersabar Pemkab Blitar juga sudah bekerja langsung dalam bencana ini. Karena hujan memang turun begitu lebat sejak tadi malam sampai pagi ini. Dan kepada masyarakat supaya jangan membuang sampah sembarangan, dengan sungai bersih dari sampah, semoga tidak terjadi lagi banjir," pungkas Wabup Rahmat.

Seperti diketahui intensitas hujan  yang tinggi semalam hingga hari ini mengakibatkan terjadinya banjir di sejumlah wilayah Kabupaten Blitar.(kmf / edy)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama