Wagub Sumbar: Peran Wali Nagari Untuk Melakukan Inovasi Guna Menuntaskan Kemiskin

Realitakini.com-Pesisir Selatan 
Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joynaldi  melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Pesisir Selatan , Jum'at (7/10) siang.Pada kunjungan kerja tersebut Wabub Audy Joynaldi didampingi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Sumatera Barat Desniarti dan Sekretaris Dinas Perikanan Sumatera Barat,Ikut mendampingi Wagub Audy saat itu adalah Bupati Pesisir Selatan diwakili Sekda Mawardi Roska,Kapolres Pessel, AKBP Novianto Taryono, Dandim 0311 (mewakili), Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Talaok, Dodi Rahmatul Ikhlas, SH, Dt Majo Basa, sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD), Camat Bayang Masri dan Wali Nagari se - Kecamatan Bayang.

Ia mengungkapkan pemerintah Provinsi Sumatera Barat mengalokasikan anggaran 10 parsen dari APBD yang akan diperuntukkan diberbagai sektor seperti sektor Pertanian, Peternakan, Nelayan dan lain sebagai nya.

Maka dari itu pemerintah mendorong bagi Nagari - Nagari lain untuk dapat melakukan inovasi salah satu nya mengembangkan Ayam KUB dengan cara kelompok.Menurutnya, peran wali nagari sangatlah besar untuk bisa melakukan inovasi guna menuntaskan kemiskin an. Karena yang lebih mengetahui kondisi masyarakatnya itu adalah wali nagari tersebut. Audy menyebut, bahwa angka kemiskinan di Sumatera Barat, secara nasional berada di peringkat ke enam, dengan angka 5,92 parsen.

"Untuk itu kita akan dorong wali nagari yang melakukan inovasi untuk menuntaskan kemiskinan. Kalau walinya memang mau dan peduli pada masyarakat nya, insa Allah ada jalan," ungkapnya.

Disaat kunjungan Audy Joynaldi   juga menyerah kan bantuan bibit, anak ayam dan ikan kepada kelompok Usaha Bersama (KUB) Nagari Talaok Kecamatan Bayang saat "Ya, hari ini kita memberi kan bantuan anak ayam KUB ke Nagari Talaok sebanyak 4 ribu ekor untuk empat kelompok dan juga 15 ribu bibit ikan," ujarnya.

Post a Comment

Previous Post Next Post