Anggota DPR RI Dari Komisi IX Darul Siska Gandeng BBPOM Padang Berikan Edukasi Kepada Masyarakat Nagari Tabek


Realitakini.com Tanah Datar                              -Wakil bupati Tanah Datar Richi Aprian , SH, MH  secara resmi membuka giat Pemberdayaan Masyarakat melalui Komunikasi Informasi Dan Edukasi Bersama Tokoh Masyarakat,  Jumat (04/11/2022) di GOR Jorong Bulu Kasok Nagari Tabek Kecamatan  Pariangan.

Giat tersebut merupahkan dalam  rangka reses  Tahum  2022 Anggota DPR RI  Dari komisi IX Drs H Darul Siska, yang dihadiri  oleh BBPOM Padang Drs. Abdul Rahim, Forkopimca, Camat, Tokoh masyarakat Retri Husda, Walinagari, KAN, Tokoh pemuda, Bundo kanduang serta undangan lainnya.

Seperti di ketahui Komisi IX bertugas sebagai pengawas salah satunya di bidang kesehatan, untuk itu dalam  kegiatan tersebut  dihadiri oleh 
 narasumber dari BBPOM Padang.

Dalam sambutannya Kepala BBPOM Padang Drs Abdul Rahim menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan tupoksinya BPOM bertugas mengawasi segala produk obat-obatan, kosmetik dan makanan.

" BBPOM dan BPOM memiliki  tupoksi be berbeda, tugas dan fungsi Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan atau BBPOM adalah menyusun rencana dan program di bidang pengawasan Obat dan Makanan; pemeriksaan sarana/fasilitas produksi Obat dan Makanan, pemeriksaan sarana/fasilitas distribusi Obat dan Makanan dan/atau sarana/fasilitas pelayanan kefarmasian," ujarnya.

Sedangkan Badan Pengawas Obat Dan Makanan atau BPOM penyusunan kebijakan nasional di bidang pengawasan Obat dan Makanan; kebijakan nasional di bidang pengawasan Obat, menyusun dan penetapan norma, standar, prosedur, dan kriteria di bidang Pengawasan  Sebelum Beredar dan Pengawasan Selama Beredar

"Kita melakukan pengawasan terhadap semua produk untuk memberikan jaminan  kepada masyarakat  dan Semua produk akan di uji di laboratorium dalam rangka untuk memastikan apa yang terkandung dalam dalam obat dan makanan tersebut" tuturnya.

Untuk pesan Abdul Rahim,  setiap membeli produk harus di tanya dulu ada BPOM nya atau tidak  dan cek produk dengan memadukan nama produknya..

Sementara itu dalam sambutannya Anggota DPR RI Drs. Darul Siska menyampaikan bahwa komisi IX menaungi bidang kesehatan untuk itu kewajiban nya untuk menyampaikan edukasi tentang Bidang kesehatan kepada masyarakat .

"Kami memiliki program untuk dijual kembang kan melalui dana pokok pikiran, apabila masyarakat memiliki suatu program atau kegiatan kami dari DPR RI bisa memberikan bantuan melalui pokok pikiran atau pokir kami," jelasnya.

Untuk itu menurut Darul Siska dengan adanya kegiatan tersebut bisa bermanfaat  dan  peserta yang hadir diharapkan bisa perpanjangan tangan dari BBPOM dalam memberikan edukasi kepada masyarakat cerdas dalam memilih.

Sementara itu Wakil bupati Tanah Datar Richi Aprian dalam kesempatan tersebut menyampaikan Ucapan terima kasih kepada anggota komisi IX DPR RI Darul Siska yang telah memilih Tanah Datar khususnya Nagari Tabek dalam rangka kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Informasi dan Edukasi. 

"Terima Kasih juga kepada kepala BBPOM serta para tokoh wanita Tanah Datar yang secara tidak langsung telah memberikan dukungan kegiatan sosialisasi produk kecantikan, obat obatan dan makanan sehat dan menyehatkan," sampai Wabup.

Untuk itu Wabup berharap dengan adanya kegiatan perberdayaan tersebut bisa bermanfaat bagi masyarakat dalam memilih obat dan makanan yang sekaligus bisa menghindar dari bahaya yang bisa mengganggu kesehatan

"Diharapkan keseriusan peserta dalam mengikuti acara ini agar memahami dan merubah mindset para pengguna kosmetik terutama remaja putri bahwa cantik itu tidak harus putih , tinggi dan langsing.  Agar masyarakat lebih memahami bahwa cantik secara sehat itu seperti apa," tukas Wabup Richi Aprian (**)

Reporter :  Mailis RK

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama