Bawaslu Pessel Gelar Konsolidasi dan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif demi Ciptakan Pemilu Jujur dan Adil,

Realitakini.com Pesisir Selatan
Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) selenggarakan Konsolidasi dan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif.  Dalam rangka menciptakan Pemilu serentak 2024 yang jujur adil dan berkualitas, Kegiatan tersebut di adkan oleh Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) dan  diikuti oleh 60 orang peserta yang terdiri dari unsur pemerintah dan berbagai organisasi kemasyarakatan, Organisasi Kepemudaan, serta insan pers, bertempat di Hotel Saga Murni, Senin (7/11).

Dalam kesempatan itu, Bawaslu Pessel meng adirkan Akademisi dari Universitas Negeri Padang (UNP), Eka Vidya Putra, dan Akademisi dari Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang, Abrar  sebagai narasumber.

"Kami menyambut baik kehadiran rekan semua untuk bersama-sama melakukan sosialisasi dan konsolidasi pengawasan Pemilu. Dan ini menjadi langkah awal jalannya Pemilu yang jujur dan adil," ujar Erman Wadison, Ketua Bawaslu Pessel dalam sambutannya saat membuka kegiatan itu.

Dia menyatakan bahwa Bawaslu Pessel sebagai lembaga penyelenggara Pemilu di daerah itu sudah menyatakan siap melakukan pengawasan dan pemantauan jalannya tahapan dan pelaksanaan Pemilu yang akan berlangsung tahun 2024 nanti.

Bahkan sejak dini, sebutnya, Bawaslu sudah melibatkan masyarakat dan pemuda dalam melakukan tugas tersebut. Bawaslu menyadari betul bahwa jalanya Pemilu harus melibatkan semua pihak agar nantinya menghasilkan pemilu yang berintegritas dan berkualitas.

"Dengan ruang lingkup yang sangat luas, tidak bisa dilaksanakan oleh Bawaslu dan jajaran. Sehingga sangat dibutuhkan partisipasi aktif dari semua pihak untuk peningkatan pengawasan Pemilu," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penandatangan MoU kerjasama Bawaslu Pessel dengan 3 OKP di Pessel tentang Pengawasan Pemilu Partisipatif. Tiga OKP itu diantaranya, Ikatan Pemuda Tar biyah Islamiyah (IPTI), Karang Taruna, dan Pemuda Pancasila.

Erman berharap dengan kerjasama tersebut dapat terbangun kesepahaman tentang Pemilu Partisipatif dalam menguatkan pengawasan Pemilu."Bawaslu di kecamatan juga bisa melakukan kerjasama ini dengan OKP yang ada di kecamatan masing-masing," jelasnya.

Bukan saja menguatkan pengawasan Pemilu, Erman juga mendorong semua pihak agar mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemiliu 2024 nanti. Sebab rakyat merupakan pemegang kedaulatan dalam Pemilu.

"Semua harapan ini saya sampaikan guna menciptakan Pemilu yang berintegritas dan berkualitas pada 2024 nanti," tutupnya, dengan juga didampingi Kepala Sekretariat Bawaslu Pessel, Rinaldi. (kmf/RK)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama