Bupati Rusma Yul Anwar : Pelatihan Khatib Jumat Bisa Merubah Perilaku Anak Muda Dan Kalangan Remaja

Realitakini.com-Pesisir Selatan
"Pelatihan khatib Jumat benar-benar bisa menambah kecintaan para generasi muda di nagari.Dengan demikian Bupati Yul Anwar di mampingi Kepala Bagian Kesejateran Rakyat dan Prokopin Sekretariat Daerah membuka secara resmi Pelatihan Khatib Jumat Generasi Ke-IV, di Masjid Jamiatul A'la di Kampung Rumah Panjang Nagari Koto Barapak, Bayang, Minggu, (6/11) malam.

Dikatakannya, perubahan perilaku anak muda dan kalangan remaja yang saat ini lebih cenderung me nyukai media sosial (medsos), sangat rentan terhadap perubahan perilaku yang mengarah ke perbuatan negatif. Sebab itu, patut mendapat apresiasi dan ditiru.Dalam kesempatan itu dia berharap kepada peserta pelatihan agar betul-betul serius mengikuti kegiatan tersebut. Sebab banyak ilmu dan pengetahuan yang akan disampaikan oleh pemateri untuk dipraktekkan di atas mimbar.

"Ini saya sampaikan karena kehadiran Khatib Jumat untuk menyampaikan khotbah sangat dibutuhkan di tengah-tengah masyarakat. Maka nya saya sangat mengapresiasi pihak panitia yang sudah mengagendakan pelatihan khatib Jumat di masjid ini. Bahkan pelatihan ini sudah memasuki generasi keempat disini," ujarnya.  

Ketua pelatihan Khatib Jumat Masjid Jamiatul A'la, Zulfadli Rizwan, dalam kesempatan itu mengatakan bahwa dia merasa prihatin karena masih dijumpai khatib Jumat di daerah itu yang belum memenuhi syarat dan rukun khutbah.

"Hal inilah yang menjadi latar belakang bagi kami di sini menggelar pelatihan Khatib Jumat. Dengan harapan agar khatib Jumat di daerah ini, khususnya di Nagari Koto Barapak benar-benar memiliki pe ngetahuan yang sesuai dengan syariat Islam," ujarnya. Dijelaskan bahwa khatib Jumat adalah orang yang menyampaikan ceramah atau ajaran Islam kepada umat Muslim saat melaksanakan shalat Jumat.Beberapa rukun Jumat yang harus diketahui diantaranya, memuji Allah, bershalawat kepada nabi, membaca penggalan ayat Al Quran, ada nasihat atau wasiat tentang ketakwaan, serta membaca doa dan permohonan ampunan.

"Lima rukun khutbah Jumat itu harus terpenuhi, karena itu merupakan syarat sahnya shalat Jumat. Karena masih banyak lagi yang harus diketahui dan fahami sehingga saya berharap kegiatan ini bisa diikuti dengan serius," ujarnya .( kmf/RK)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama