Dibuka Gubernur Sumbar, MTQ ke-40 Padang Panjang Resmi Dimulai


Realitakini.com - Padang Panjang
Gubernur Provinsi Sumatera Barat, H. Mahyeldi Ansharullah,  Datuak Marajo membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQN) XL-2022 Tingkat Kota Padangpanjang Tahun 2022, di Islamic Center, Senin (28/11).

Bersama Wakil Wali Kota Padangpanjang Asrul, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat yang diwakili kepala Bidang Zawa, Ketua DPRD, Mardiansyah, Forkopimda, Sekretaris Daerah Kota, Sonny Budaya Putra,  Kepala Kantor Kemenag Kota Padang Panjang, H. Alizar,  dan lainnya memukul gendang tambua tanda MTQ ke-40 dimulai.

Pada sambutannya Mahyeldi mengatakan, kegiatan seperti MTQ ini harus terkoordinasi dan terkelola secara lebih baik untuk masa-masa yang akan datang. Yang mana akan mengisi semua ruang, baik itu media, teknologi dan lainnya.

"MTQ ini sangat kita harapkan menjadi puncak dari kegiatan-kegiatan dari masyarakat. Dengan adanya lomba tilawah seperti ini bisa lebih masif dan meningkat lagi sehingga ruang-ruang informasi yang begitu bebas, kita isi dengan hal-hal seperti keagamaan ini," ujarnya.

Ia juga menyampaikan selain sebagai salah satu upaya memelihara kesucian A-Qur'an dan mengembangkan syiar Islam, MTQ ini hendaknya benar-benar dijadikan sarana dakwah dan pendidikan yang memberikan manfaat bagi kemaslahatan umat. Serta bagian penting dalam mengamalkan nilai-nilai universal Islam dengan baik dan benar di tengah-tengah keluarga dan masyarakat.

MTQ ke-40 Tingkat Kota ini diikuti tiga kafilah dengan total sebanyak 545 orang. Di antaranya kontingen Kecamatan Padangpanjang Barat dengan jumlah kontingen sebanyak 188 orang, Kecamatan Padangpanjang Timur sebanyak 187 orang dan LPTQ (Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an) sebanyak 170 orang.

Seluruh peserta akan berlomba pada 10 bidang perlombaan, yaitu Tilawah TK dan Tilawah Anak-anak, Tafsir (Bahasa Indonesia, Arab dan Inggris), Tahfiz 1 Juz dan 5 Juz Non Tilawah, Fahmil Qur'an, Tartil Dasar, Menengah dan Umum, Khutbah Jumat dan Khitab Standar, Khattil Qur'an, Tilawah Remaja dan Dewasa, Tartil 1 Juz dan 5 Juz Tilawah, dan Syarhil Qur'an.

Wawako Asrul yang juga memberikan sambutan seusia melantik Majelis Hakim menyampaikan MTQ ini dilaksanakan untuk mencari qori dan qoriah terbaik dalam pemahaman atas Al Qur’an.

"Sebagai Kota Serambi Mekah ini berarti masyarakat Kota Padangpanjang sudah diakui sejak lama dekat dengan Al Qur'an. Dengan banyaknya pesantren yang memiliki kualitas yang luar biasa dan para penghafal Al Qur’an yang sangat bagus," tuturnya.

Selain itu, MTQ ini juga dilaksanakan untuk mempersiapkan kafilah Kota Padangpanjang untuk mengikuti MTQ Tingkat Provinsi beberapa waktu lagi. Di mana kafilah yang ikut sekarang merupakan kafilah yang sudah menjuarai MTQ Tingkat Kecamatan.

Pembukaan MTQ Tingkat Kota Padangpanjang ini dibuka dengan Silek Galombang dari santri Thawalib Gunung sebanyak 70 orang, diselingi dengan Tari ASO dari siswa SMPN 2 Kota Padangpanjang. Ditutup dengan paduan suara yang sangat memukau dari santri Perguruan Diniyyah Puteri Padangpanjang. (Abe)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama