Gubernur Mahyeldi Lantik Kepengurusan DPD IKA FPUA Jabodetabek Periode 2022-2026

Realitakini.com-Jabodetabek
Gubernur Sumatera Barat, sekaligus Ketua DPP Ikatan Alumni Fakultas Pertanian Universitas Andalas (IKA FPUA) H. Mahyeldi Ansharullah,SP, melantik Dewan Pengurus Daerah (DPD) IKA FPUA Jabodetabek, periode 2022-2026, pada Minggu, (20/11/2022) di Hotel Lumire, Jakarta. Pelantikan dihadiri oleh senior, yunior dan para pengurus Alumni FPUA Jabodetabek periode sebelumnya.

Pada kesempatan tersebut, H. Mahyeldi Ansharullah, atau akrab disapa oleh para alumni dengan sebutan Buya, menyampaikan beberapa pesan kepada pengurus dan alumni FPUA yang hadir. Beliau berpesan untuk terus  mempertahankan soliditas. Data alumni harus terkelola dengan baik oleh pengurus. Dari data tersebut bisa dilakukan prediksi dan proyeksi apa yang baik dilakukan ke depan. 

"Peran alumni ke depan salah satunya mempersatukan potensi yang ada. Bagaimana kemudian mengkoordinasikannya," ujar Buya Mahyeldi.Penyedian pangan sebagaimana pesan  Presiden lanjut Mahyeldi menjadi titik sentral kebijakan pemerintah ke depan yang tantangannya cukup berat. Peran alumni ditantang bagaimana mengambil peran tersebut dan ikut bertanggung jawab untuk kejayaan bangsa. 

"Kepengurusan IKA FPUA Jabodetabek harus kokoh.Karena Jabodetabek adalah gudang informasi, peluang dan orang-orang hebat ada di sini. Nah, bagaimana kemudian peluang itu digerakkan, bisa  berdampak pada alumni yang pada akhirnya berdampak pada bangsa ini," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Ketua DPD IKA FPUA Jabodetabek periode 2022-2026, Finorita Fauzi, mengungkapkan, bahwa program atau pekerjaan rumah yang akan dijalankan oleh sebanyak 68 orang personil pengurus ke depan, tentu cukup berat. Namun hal itu akan jauh menjadi lebih mudah jika terbangun suasana dan komunikasi yang baik antar pengurus dalam menjalankan amanah organisasi.

“Hari ini dilakukan pelantikan kepengurusan. Sekaligusi ajang silahturahmi antar pengurus dan alumni FPUA, media untuk saling berbagi kabar dan informasi,” ujar bankir senior di PT Bank Syariah Indonesia tersebut.

Fifin, demikian biasa disapa, berharap kegiatan pelantikan pengurus hari ini menjadi awal yang baik. Dan menjadi dasar operasional untuk menggerakkan organisasi dengan lebih baik, bersemangat dan gembira.

Selama ini alumni FPUA sudah menunjukan peranannya sesuai kapasitas dan kemampuannya masing masing bagi pembangunan nasional. Ke depan, peran itu diharapkan lebih optimal dan terorganisir dengan lebih baik, sehingga memiliki daya dobrak yang lebih baik bagi akselerasi pembangunan.

"Organisasi ini adalah rumah kita, oleh dan untuk kita. Bersama sama berbuat baik dan melakukan yang terbaik dan bersama sama ingin memberikan yang terbaik dengan niat tulus," tambahnya.

Pada kesempatan acara pelantikan dan temu ramah Alumni FPUA tersebut juga digelar acara Sharing Sessions yang menghadirkan 3 orang pembicara. Diantaranya: Prof. Reni Mayerni, Deputi Bidang Pengkajian Strategik Lemhanas RI (Alumni FPUA 1985), Ir. Fidri Arnaldy, CRGP, Direktur Utama Bank DKI (Alumni FPUA 1985) dan Dr. Ir. Idra Dwipa, MS, Dekan FPUA (Alumni FPUA 1984). 

Sharing Sessions yang digawangi oleh Dwi Anggia, SP, Senior Anchor & Executive Producer TvOne (Alumni FPUA 2000) dengan tema: “ Membangun Harmoni Dalam Keberagaman Meningkatkan Peran Alumni Membangun Negeri” itu mengupas banyak hal terkait tantangan, solusi dan sinergi yang bisa dilakukan oleh alumni sesuai dengan kapasitas dan keahlian masing-masing.

Para pembicara juga menceritakan motivasi masuk kuliah di fakultas pertanian. Reny Mayerni menjelaskan bahwa perang Ukraina yang terjadi mengancam sekaligus merusak rantai pasok pangan dunia.

"65 persen bahan baku pupuk itu adalah impor. Jika terganggu maka akan terjadi krisis pangan. Itu yang harus diantisipasi dan ikut menjadi tanggung jawab moral sebagai anak bangsa," ungkapnya. Fitri Arnaldy juga mangajak alumni untuk bersama-sama memajukan sektor UMKM dan sebagai bankir dia mengajak alumni untuk bersinergi.

Prof. Nadirman Aska alumni 1970 yang hadir ikut memberikan sumbang saran dan pandangan  terkait kebijakan pangan pemerintah dan kebijakan penelitian bahan baku pangan khususnya sagu. Sagu me nurutnya bisa mengatasi kekurangan bahan pangan dunia dan harus menjadi kebijakan pangan pemerintah ke depan jika  ingin mengatasi krisis pangan.(af.phb/MMC/Dinas Kominfotik Sumbar/Rk)

Post a Comment

Previous Post Next Post