Pemuda Muslim Sijunjung Gelar Audiensi Dengan Pemdakab Sijunjung


Realitakini.com-Sijunjung
Resah dengan kondisi perekonomian masyarakat Kabupaten Sijunjung yang kian melemah, Organisasi Pemuda Muslimin Indonesia Cabang Sijunjung menggelar audiensi dengan Pemerintahan Daerah Kabupaten (Pemdakab) Sijunjung pada Rabu (09/11/2022). Realitakini.com berkesempatan meliput langsung kegiatan ini.

Organisasi Pemuda Muslimin Indonesia Cabang Sijunjung telah aktif di Kabupaten Sijunjung sejak 5 tahun lalu. Hadir dalam audiensi Ketua Umum Aris Supratman Malin Sati, S.Pd.I, Sekum Dramendra, SP, Ketua Umum COPMI (Corp Putri Muslimin Indonesia) Cabang Sijunjung Hasnawati, serta para Kabid yaitu Efit, Dedi, Dosra, Amri. Turut hadir dua orang perwakilan KNPI Kabupaten Sijunjung.

Audiensi berlangsung di ruang pertemuan Wakil Bupati Sijunjung. Setelah dibuka langsung oleh Wabup Iraddatillah, S.Pt pada pukul 14.00 WIB, selanjutnya audiensi dan diskusi dipimpin oleh Asisten I Aprizal. Turut hadir Kepala Dinas PUPR, Kepala Dinas Pangan dan Perikanan, Dinas Pertanian serta Dinas Dagperinkop Kabupaten Sijunjung.

Jajaran Pengurus Cabang Pemuda Muslimin Indonesia Sijunjung dalam diskusi bersama Pemdakab Sijunjung dan Dinas terkait membahas isu-isu Nasional maupun Daerah, diantaranya adalah :
1. Kurang stabilnya ekonomi masyarakat sejak bulan Ramadhan lalu, harga Sembako yang belum turun, sedangkan harga hasil bumi atau pertanian masyarakat terus merosot. Dan kurangnya pembinaan terhadap pelaku usaha UMKM non kelompok.
2. Permentan RI No. 10/tahun 2022 yang kurang berpihak kepada petani sawit dan karet. Jalan usaha tani banyak yang belum bisa diakses sehingga petani kesulitan memasarkan hasil tani.
3. Bertambahnya angka Pengangguran tiap tahun.
4. Pegawai honorer dan sukarela yg kurang di perhatikan, pekerjaan sama bahkan lebih dari ASN tapi gaji minim.
5. Kondisi drainase dan jalan utama Muaro Sijunjung yang perlu dibenahi segera.
6. Kebijakan Dinas Papperi dianggap kurang berpihak terhadap petani budidaya ikan terkait bantuan benih ikan.

Diskusi berlangsung sampai sore. Asisten I, Aprizal beserta jajaran Pemdakab Sijunjung yang hadir di ruangan, sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Pemuda Muslim Sijunjung sebagai mitra Pemda dalam memberikan masukan, kritik maupun saran.

Masing-masing Kepala Dinas memberikan tanggapan sesuai tupoksinya, terhadap beberapa pertanyaan tersebut. Disdagperinkop yang diwakili oleh Syafrizal mengakui tentang kenaikan harga, yang merupakan imbas dari tingginya inflasi nasional dan global. Tentang pelaku usaha UMKM non kelompok memang tidak bisa dibina maksimal termasuk mendapatkan bantuan modal usaha, karena juknis mengharuskan atas nama kelompok.

Dinas Pertanian yang diwakili Kabid Peterna kan, Yandrizal, permasalahan ini akan disampaikan kepada Kadis Pertanian karena bukan bidang kewenangannya. Sebagai info, khusus bidang peternakan, tahun 2023 nanti akan ada bantuan sekitar 500 ribu ekor ternak unggas. Sedangkan bantuan ternak Rumansia seperti kerbau dan sapi, sementara ditiadakan akibat penyakit PMK kemarin.

Kadis Papperi Adri, S.Pt, menjelaskan tentang peniadaan bantuan benih ikan kepada masyarakat, karena pengadaan benih ikan dijadikan PAD Pemdakab Sijunjung sehingga harus membayar retribusi. Sedangkan Kadis PUPR Syahriwan, menyampaikan tentang jalan utama kota Muaro Sijunjung yang selalu tergenang air jika hujan deras, akan segera dikerjakan perbaikannya tahun 2023 mendatang oleh Dinas PU Provinsi karena merupakan jalan Provinsi.

Sedangkan untuk beberapa hal lainnya, Aprizal berjanji akan menyampaikan kepada Dinas terkait agar mendapatkan solusi yang baik kedepannya. Termasuk permaslahan tenaga Honorer dan Sukarela. Diskusi berlangsung sampai sore dan berakhir dengan kesepakatan akan menindak lanjuti hal-hal tersebut. (Hasnawati)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama