BNNK Lakukan Test Urine Mendadak kepada WBP Dan Petugas Rutan Kelas IIB Batusangkar


Realitakini.com Tanah Datar                              -Sebanyak 104 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Batusangkar dan petugas di test urine mendadak, dalam rangka mengantisipasi peredaran narkoba di lingkungan Rutan tesebut, Kamis sore (15/12/2022).

Dalam test urine mendadak tersebut  melibatkan sebanyak 34 orang petugas rutan ini mengandeng Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Payakumbuh sebagai lanjutan untuk program program P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, Peredaran Gelap Narkotika) tahun 2022.

Plt (Pelaksana Tugas) Rutan Kelas IIB Batusangkar, Muhamad Kameily didampingi Kepala BNNK Kota Payakumbuh Febrian Jufri menyebutkan jika kegiatan ini dilakukan kepada WBP secara mendadak, agar tidak terjadi kebocoran saat pihaknya dan BNNK melakukan test urine mendadak.

“Bentuk kegiatan ini juga sebagai lanjutan dari program P4GN dalam hal mengantisipasi peredaran narkotika dan zat adiktif lainnya, terutama di lingkungan Rutan Batusangkar,” ujarnya.

Lebih lanjut Muhamad Kameily menambahkan, jika penghuni Rutan Kelas IIB Batusangkar saat ini dihuni oleh sekitar 58 pelaku penyalahgunaan narkotika dan selebihnya tindak pidana lainnya.

“Dalam pelaksanaan kegiatan Test urine mendadak ini tidak hanya melibatkan WBP, namun juga kepada seluruh petugas yang berada di Rutan Kelas IIB Batusangkar. Tidak pandang bulu, siapa terlibat kami sikat,” tutur Muhamad Kameily.

Sementara itu, Kepala BNN Kota Payakumbuh Febrian Jufri menegaskan
tidak hanya melakukan tes urine, namun juga melakukan MoU dengan pihak Rutan. Yang diharapkan menjadi nadi dalam memutuskan peredaran narkotika dan zat adiktif lainnya.

 "kegiatan yang dilakukan di Rutan Kelas IIB Batusangkar tidak hanya test urine mendadak tetapi juga membuat MoU dengan pihak rutan, sebagai bentuk salah satu program memutuskan peredaran narkotika, terutama dilingkungan Lapas dan Rutan di Indonesia,"  sebut Febrian.(**)

Editor : Mailis RK

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama