Sutan Riska Raih Anugerah Buka Award 2022

Realitakini.com-Dhrmasraya 
Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, menerima Anugerah Buka Award dari Jurnalis Keterbukaan Informasi Publik Sumatera Barat. Piagam dan plakat penghargaan diterima dalam rangkai an acara Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Sumatera Barat Tahun 2022, di Hotel Truntum, Padang, Senin (12/12/2022).

Penghargaan yang diterima ini merupakan wujud Niat, Komitmen dan Konsistensi (NKK) Sutan Riska dalam menerapkan keterbukaan informasi publik pada badan publik yang ia pimpin, yakni Pemerintah Kabupaten Dharmasraya.

“Alhamdulillah, puji syukur atas anugerah yang kami terima hari ini. Ini merupakan award ketiga yang kami terima dalam dua minggu belakangan. Pertama adalah Dwija Praja Nugraha dari PGRI, yang kedua Anugerah Kebudayaan dari Kementerian Dikbud Ristek Dikti, dan ini yang ketiga,” ujar Sutan Riska.

Sutan Riska menjelaskan, sejak awal memimpin pemerintahan Kabupaten Dharmasraya, keterbukaan informasi merupakan salah satu bentuk good will dan polical will yang ia kedepankan dalam mencipta kan good governance dan clean government.

“Komitmen keterbukaan ini telah kami laksanakan melalui dukungan kebijakan, program dan anggaran. Dan konsisten kami laksanakan dari tahun-ketahun. Keterbukaan informasi publik ini mendorong pelaksanaan birokrasi kearah yang lebih baik,” terang Sutan Riska.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Dharmasraya, Rovanly Abdams, saat men dampingi Sutan Riska pada seremoni penyerahan award menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Dharmasraya dari sejak tahun 2016 sudah mempunyai kegiatan khusus untuk mendukung pelaksanaan keterbukaan informasi.

Oleh karena itu ia mengaku, dalam pelaksanaan monev keterbukaan informasi publik Sumatera Barat, Pemerintah Kabuaten Dharmasraya selalu memperoleh predikat informatif. Bahkan diantaranya juara satu tahun 2016 dan juara dua tahun 2019.

“Saat ini Pak Bupati Sutan Riska juga sudah memperoleh award keterbukaan informasi publik sebanyak dua kali, setelah sebelumnya beliau juga meraih prediket tokoh informatif pada tahun 2019,” terangnya.
Selain menyerahkan penghargaan kepada Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Anugerah Buka Award dari Jurnalisme Keterbukaan Informasi Publik dan Komisi Informasi Sumatera Barat, juga menyerahkan piagam tersebut kepada sejumlah tokoh nasional dan daerah, diantaranya Ketua DPD RI, La Nyalla Mataliti, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, Bupati Tanah Datar, Eka Putra dan Wali Kota Pariaman Genius Umar.

Anugerah Keterbukaan Informasi dan Buka Award Tahun 2022 juga merupakan momen perpisahan Komisioner Komisi Informasi (KI) Sumatera Barat periode 2018-2022. Dua diantaranya dipastikan tidak akan melanjutkan ke periode berikutnya, yakni Arfitriati dan Adian Tuswandi, karena telah menjadi komisioner KI selama dua periode.

"Kami mengucapkan terima kasih atas pengabdian semua komisioner KI Sumbar periode 2018-2022. Dedikasi bapak ibuk semua turut memperkuat komitmen keterbukaan Informasi di Sumatera Barat, khususnya di Dharmasraya," tukas Sutan Riska.(*RK/kmf)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama