Vidcon AWS Dan Pemerintah Kabupaten Solok Mengenai Tindak Lanjut Dari Program DLA Singapore.

Realitakini.com-Arosuka
Diskominfo. Kepala Dinas Kominfo kabupaten Solok Teta midra, S.STP., M.Si hadir mengikuti Video Confrence (Vidcon) tentang Rencana Aksi Goverment Digital Transformation di ruang rapat Bapelitbang kabupaten solok. (9/12/2022).

Tampak hadir mengikuti kegiatan Vidcon, Sekretaris Dinas Kominfo Safriwal, S.Si.,M.Cio, Beberapa orang perwakilan dari SKPD diantaranya :
- BAPELITBANG
- DPRKPP
- DPMPTSPNAKER
- DINSOS
- Dinas Pariwisata
- Dinas Lingkungan Hidup
- BKD
- Narasumber dari AWS (Amazon Web Services, Inc)

Alta selaku pemateri dari AWS memaparkan bahwa pada saat sekarang jika kita masih bertahan menggunakan data central yang konvensional, maka tidak terasa akan banyak sekali maintenance cost, storage cost dan juga biaya-biaya lain seperti ada planning dan update system. Karena itu, AWS dalam hal ini akan memberikan layanan berupa Cloud dimana salah satu kelebihannya adalah tidak perlu lagi repot-repot memastikan keadaan perangkat server yang suhunya harus stabil, arus listrik yang tidak stabil ataupun sewaktu-waktu jika terjadi bencana, maka data tidak akan hilang begitu saja, dapat di akses dengan cepat dan mudah kembali. sehingga OPD akan lebuh fokus untuk pelayanan publik dengan di support layanan cloud 24 jam/ 7 hari . 

Ini juga berdampak pada saving cost untuk maintenance perangkat. Ia mengatakan bahwa cloud tersebut memiliki konfigurasi cepat dalam hitungan menit dan sudah bisa langsung di gunakan tergantung spesifikasinya seperti apa dan ingin dashboardnya seperti apa, Misalnya publik monitoring, pengendalian sampah, dll, dan ini bisa di eksekusi dengan cepat.

Security adalah yang utama dalam cloud di AWS sendiri. kebanyakan orang beranggapan data yang aman adalah data yang berada pada security kita sendiri,server kita sendiri, namun pada kenyataannya masih banyak terdapat kebocoran data, data yang aman adalah data yang menggunakan security yang memiliki sertifikat seperti contoh NASA, CIA, Shell dimana mereka memepercayakan data mereka di AWS. dan untuk custumer yang baru mau berpidah ke cloud AWS akan mendapat layanan cloud AWS yang sama dengan perusahaan-perusahaan besar.

Di Indonesia sendiri 95% biaya untuk pembelian layanan cloud AWS masih di pemerintah pusat, di harapkan nantinya d tingkat pemerintah daerah maupun lemabaga-lembaga di Indonesia bisa beralih menggunakan layanan cloud AWS ataupun menambahkan jasa cloud untuk meningkatkan layanan publik. oleh karena itu Alta berharap pemerintah kabupaten solok dapat memaparkan ide-ide cemerlang untuk peningkatan pelayanan publik sehingga nanti AWS juga dapat mewujudkan hal tersebut.

Terhadap kondisi tersebut, Safriwal Sekdis Kominfo menyampaikan bahwa kabupaten solok telah mendigitalisasi beberapa layanan, seperti halnya SISFO IZIN, seluruh layanan perizin an pengurusannya telah online, tandatangan berupa  elektronik, dan masyarakat bisa me ngerjakan dirumahnya tanpa tatap muka, dan surat izin tersebut bisa di download dari aplikasi.

Kemudian sektor perhubungan, pengujian kendaraan online, dan menurut penilaian kami ini sangat konprehensif, dimana ini sudah full digital, mulai pendaftaran, pembayaran retribusi, pengujian, hasil pengujian dan surat hasil pengujian juga sudah digital. Selanjutnya di sektor data ke pegawaian juga sudah di digitalisasi, mulai dari data administrasi , kenaikan pangkat dan lain-lain telah menggunakan aplikasi.

Sektor pariwisata ada yang namanya aplikasi "Jendela Solok Nan Indah", berisi semua informasi destinasi pariwisata yang ada di kabupaten solok.

UMKM juga memiliki marketplace nya sendiri khusus kab. solok, dan UMKM bisa meng-upload produk-produknya sendiri, kemudian masyarakat atau konsumen bisa membeli langsung lewat aplikasi "JUA BALI" dengan Branding besarnya adalah  UKM Online.

Selanjutnya juga ditampung ide-ide dari peserta yang hadir berupa rencana aksi dari beberapa SKPD yang hadir.

DPRKPP
- Diharapkan nantinya setiap nagari yang ada di Kabupaten Solok, akan bisa memberikan data-data nagari ke pemerintah daerah melalui aplikasi, dimana saat ini masih sebagian besar menggunakan hard file
- Dan juga terkait tentang rehabilitasi perumahan yang terdampak bencana, nagari juga bisa melaporkan secara online agar dapat di tindak lanjuti dengan segera dan cepat.

DPMPTSPNAKER
- Bagaimana data-data di OSS dapat di gunakan di daerah, dapat di intgrasikan ke aplikasi yang ada di kabupaten solok. Sehingga nanti juga bisa di manfaatkan investor untuk survey lokasi yang bagus untuk investasi ke Kabupaten Solok 

Dinsos
- Berharap kabupaten solok memiliki basis data yang rinci mengenai pemerlu kesejahteraan 
   pelayanan sosial dr masyaratkat miskin, disabilitas, anak terlantar, rumah tidak layak huni 
    dan lain-lain
- selanjutnya bahwa yang menjadi perhatian adalah layanan rekomendasi pelayanan jaminan kesehatan, dimana msyarakat saat ini datang ke dinas sosial untuk dapat rekomendasi layanan kesehatan dan di teruskan ke dinas kesehatan.
berharap nantinya ada aplikasi yang akan di gunakan pemerintah nagari utnuk dapat rekomendasi dari dinsos tanpa harus langsung ke kantor dinsos. 

DLH
- masalah persampahan (bank sampah) masih di input manual data-datanya, berharap nantinya ada aplikasi pendukung agar memudahkan penginputan data-data tersebut.

Dinas Pariwisata 
- untuk menunjang pendapatan daerah mencapai target, dinas pariwisata merencanakan sebuah aplikasi untuk E-tiket. 

Yopan selaku mentor dari AWS menanggapi dan mengapresiasi ide-ide yang telah di sampai kan dengan memberikan sebuah saran, bahwa aplikasi-aplikasi yang akan di buat jangan menjadi terlalu banyak, hal itu akan membuat masyarakat menjadi bingung dalam mendapat kan bebagai macam pelayanan, oleh karena itu cukup dengan satu aplikasi yang saling ter integrasi antar SKPD yang ada di kabupaten solok. 

Dengan satu aplikasi yang memiliki banyak data di dalamnya, akan memudahkan pimpinan daerah untuk melihat progres dari program yang telah di lakukan serta bisa melihat per kembangan dari tahun ke tahun. Serta masyarakat juga di mudahkan dalam mendapatkan pelayanan dari banyak dinas hanya dengan satu aplikasi. untuk itu nantinya AWS siap mem bantu mengembangkan aplikasi sehingga nanti visi untuk menuju smart city bisa terwujud. (Admin)

Post a Comment

Previous Post Next Post