Bupati Ikuti Rakor Inspektur Daerah Se-Indonesia Bersama Forkopimda

Realitakini.com-Pesisirselatan
Bupati Kabupaten Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar mengikuti Rapat Koordinasi Inspektur Daerah Seluruh Indonesia tahun 2023 secara virtual, Rabu (25/1/2023). Kegiatan ini dalam rangka penanda tanganan kerja sama antara Kementerian Dalam Negeri, Kejaksaan RI dan Kepolisian RI tentang Koordinasi Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) dengan Aparat Penegak Hukum (APH). Rakor tersebut digelar Kementerian Dalam Negeri di Hotel Borobudur, Jakarta.

Adapun kerja sama tersebut berkaitan dengan Penanganan Laporan atau Pengaduan dalam Penyeleng gara an Pemerintahan Daerah.Turut hadir dalam acara zoom meeting ini, Sekda Pesisir selatan,Mawardi Roska, S.IP Kapolres Pesisir Selatan,  AKBP. Novianto Taryono, SH. S.I.K, MH. Kajari Pesisir Selatan Raymund Hasdianto Sihotang, SH, MH. Dan Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Daerah Pesisir Selatan.

Inspektorat Jenderal Kemendagri Irjen. Pol Tomsi Tohir Balaw dalam laporannya menyampaikan bahwa Rakor ini diisi dengan empat kegiatan utama yakni penandatanganan nota kesepahaman; launching aplikasi APIP; penandatangan perjanjian kerja sama terkait pengawasan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS); dan pengawasan Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang kesehatan.Dalam sambutannya Tito mengatakan anggaran negara merupakan tulang punggung untuk per umbuan ekonomi. 

“Agar penggunaannya efektif dan efisien, Kepala Daerah bersama DPRD masing-masing harus betul-betul menjaga agar tidak bocor. Selain itu, harus digunakan tepat sasaran sesuai kebutuhan daerah masing-masing,” ucap Tito.

Lebih lanjut Mendagri Tito mengungkapkan bahwa dana APBN dan APBD yang menjadi tulangpunggung pembangunan dan persiapan penanganan menghadapi Resesi Global.

"Diharapkan mampu digunakan secara efisien dan tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan daerah masing-masing," ungkapnya

Sementara itu, Jaksa Agung Burhanuddin dalam sambutannya menyampaikan kesepakatan yang di bangun ini adalah sebagai upaya terciptanya sinergitas dan kerjasama yang baik antara APIP dan APH dalam pelaksanaan setiap poin – poin yang tertulis dalam MoU yang baru saja ditanda tangani.

MOU ini diharapkan menjadi pedoman dalam upaya pengawasan, sehingga percepatan pembangunan serta pemulihan ekonomi di masa pandemi dan penanganan terhadap ancaman resesi global dapat tercapai.Setelah pembukaan dan laporan pelaksanaan kegiatan, acara dilanjutkan dengan Launching aplikasi “APIP Lapor”, serta Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Pengawasan.(Kmf. RK)

Post a Comment

Previous Post Next Post