Penuhi Kebutuhan Air Bersih, Gubernur Mahyeldi Resmikan Program Wash Sirukam

Realitakini.com-Kabupaten  Solok 
Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah meninjau sekaligus meresmikan  program pembangunan sarana air bersih, kerjasama antara Nagari Sirukam dengan YBM BRILian RO Padang dan Human Initiative Sumatera Barat l, di Nagari Sirukam, Kecamatan Payung Sekaki, Kabupaten Solok, Sabtu (21/1/2023). Dalam sambutannya, Gubernur Mahyeldi sangat mengapresiasi aksi yang menjawab kebutuhan masyarakat seperti ini.

"Ini luar biasa, programnya sangat sesuai dengan kebutuhan masyarakat, yaitu penyediaan air bersih," ujar gubernur.

Mahyeldi menyebut bahwa pemerintah provinsi bersama pemerintah pusat juga sedang merancang dan membangun saluran-saluran air bersih baru, agar seluruh kebutuhan air bersih di Sumbar terpenuhi, salah satunya adalah melakukan SPAM Regional yang akan bekerjasama dengan PDAM di Kabupaten/ Kota. 

"Secara bertahap kita mulai membangun saluran-saluran baru, bekerjasama dengan pusat dan PDAM di kabupaten kota, untuk melayani kebutuhan masyarakat," imbuh Mahyeldi. 

Gubernur Mahyeldi menuturkan, berdasarkan data BPS 2021 sumber air bersih di Provinsi Sumatera Barat totalnya ada sebanyak 145.972 sumber air, yang terdiri dari perusahaan air minum, danau, sungai, waduk, mata air dan air tanah. Dengan jumlah pelanggan per tahun 2020 sebanyak 579.634 pelanggan, dengan jumlah penduduk sebesar 5.640.629 jiwa pada tahun 2022.

Sementara itu, Ketua YBM BRILiaN RO Padang, Andri Afrianis, mengatakan program Wash Sirukam merupakan aksi kolaborasi yang pembiayaanya berasal dari urunan dana dari seluruh pekerja BRI se Indonesia. 

"Kami diberikan amanah mengelola sumbangan oleh pekerja BRI, untuk membiayai pembangunan fasilitas air bersih masyarakat. Semoga program ini dapat berlanjut, sehingga hak seluruh masyarakat untuk mendapatkan air bersih dapat terpenuhi," tutupnya. 

Setelah melaksanakan peresmian, Gubernur juga mengunjungi peternakan BRILiaN Farm yang merupakan hasil kolaborasi BRILiaN dan Dompet Dhuafa di Kabupaten Solok.( Kmf/RK)
Pemprov. Sumatera Barat

Post a Comment

Previous Post Next Post