Kapolres Pasaman Jalin Silahturahmi Bersama Tokoh Masyarakat dan Polsek Lubuk Sikaping

Realitakini.com  -- Pasaman 
Untuk mengenal wilayah hukum Polsek dan jajaran yang ada di wilayah Polres Pasaman serta meningkatkan jalinan silaturahmi dengan tokoh masyarakat, Kapolres Pasaman, AKBP Yudho Huntoro, S.I.K, M.I.K melakukan kunjungan kerja ke Polsek - Polsek di wilayah hukum Polres Pasaman.

Kapolres Pasaman didampingi Ketua Bhayangkari cabang Pasaman Ny. Novita Yudho Huntoro dan didampingi PJU Polres Pasaman, Pengurus Bhayangkari cabang Pasaman, kali ini mengunjungi Polsek Lubuk Sikaping 

Sebelum pelaksanaan kegiatan kunjungan kerja Kapolres Pasaman terlebih dahulu dilakukan penyambutan oleh Forkompincam Lubuk Sikaping, Pokdar kambtimas Pasaman ,Personil Kapolsek, Ibu Bhayangkari,  Kepala Kapus Sundata dan Lubuk Sikaping, Wali Nagari serta Bamus se Kecamatan Lubuk Sikaping, Ninik Mamak serta Tokoh Masyarakat 

Kapolres Pasaman AKBP Yudho Huntoro menuturkan tujuannya mengunjungi Polsek- Polsek adalah menyambung tali silaturahmi selain dengan Kapolsek berserta jajaran juga dengan tokoh masyarakat, seperti saat ini di Kecamatan Lubuk Sikaping.

“Tujuan silaturahmi ke Polsek- Polsek jajaran ini untuk menjaga kekompakan dalam kinerja,” tuturnya.

Dihadapan, wali nagari , ninik mamak dan tokoh masyarakat Lubuk Sikaping, ia meminta agar seluruh masyarakat ikut berpartisipasi dalam menjaga Kamtibmas. Terutama dalam menanggapi isu-isu provokasi yang kerap berkembang di tengah masyarakat.

“Masyarakat harus bijak dan cerdas, cari sumbernya dan pastikan itu fakta atau hanya sebuah cerita. Karena kalau tidak diantisipasi seperti ini, bisa merugikan diri sendiri dan orang lain,”ungkap Kapolres Pasaman 

Selain itu, pihaknya berharap melalui kegiatan ini dapat mendekatkan dan membangun sinergitas yang kuat antara masyarakat dengan aparat penegak hukum.

“Semuanya perlu kerjasama dan hubungan yang baik, kita berharap hubungan ini bisa terjaga dengan baik sehingga kamtibmas di wilayah hukum Polres Pasaman tetap aman dan kondusif,”tegasnya.

Mengakhiri sambutannya, AKBP Yudho Huntoro, mengapresiasi Kapolsek Lubuk Sikaping berserta personil yang telah melaksanakan program Safari Jumat dan Jumat curhat.

"Apresiasi pada Polsek Lubuk Sikaping dengan program  Safari Jumatnya serta umat Curhat, kata Kapolres.

Sebelumnya, Ninik mamak Yoharman Dt. Sati mengawali sambutannya menyampaikan atas nama masyarakat Lubuk Sikaping khususnya, Kabupaten Pasaman umumnya  mengucapkan selamat bertugas di wilayah hukum Polres Pasaman.

"Pasaman namanya berasal dari kata pasamoan yang hakekatnya adalah kebersamaan dan masyarakatnya di huni dua suku besar  yang mana hidupnya saling berdampingan yaitu suku minang  serta mandailing/batak, ujarnya.

Ia juga menyampaikan di Pasaman ini di antara masyarakat minang bisa bahasa mandailing/batak sebalik orang mandailing/batak bisa berbahasa minang. 

Kemudian, karena kebersamaan sampai saat ini di Kabupaten Pasaman tidak pernah terjadi keributan antara suku dan Pasaman aman serta tentram.

" Salah satu tugas Ninik mamak tersebut mendamaikan persoalan - persoalan di tengah - tengah masyarakat dan kaumnya," ungkapnya.

Yoharman juga menyebutkan Ninik mamak beserta masyarakat siap bekerja sama dan berkolaborasi dengan polri untuk menjaga ketertiban dan keamanan di tengah tengah masyarakat. (Nurman)

Post a Comment

Previous Post Next Post