Program P4K Dimaksimalkan Turunkan Angka Kematian Ibu

Realitakini.com-Pesisir Selatan
.Kepala Puskesmas Ranah Ampek Hulu Tapan, Idris, SKM, Sabtu (4/2) mengatakan, kegiatan kunjungan ibu hamil resti, dengan Ibu hamil hipertensi dan usia ibu  di atas 40 tahun, dilakukan pemasangan stiker P4K yang lokasinya berada di Nagari Tebing Tinggi Tapan, Kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan. 
 
Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Kompilasi (P4K) dengan pemasangan stiker merupakan terobosan percepatan penurunan angka kematian ibu. Melalui P4K dengan stiker yang ditempel di rumah ibu hamil, maka setiap ibu hamil akan tercatat terdata dan terpantau secara tepat

Disebutkan, pelaksana kegiatan kunjungan ibu hamil resti, dengan Ibu hamil hipertensi dan usia ibu di atas 40 tahun serta pemasangan stiker P4K yang berlokasi di Nagari Tebing Tinggi Tapan itu dilakukan oleh petugas KIA, dan bidan desa Nagari Tebing Tinggi Tapan yaitu Jarlen Nurleksmi,Amd.Keb, Jeni Aprita, Amd.Keb dan Heryanti Viska Yanti, Amd.Keb. 

Ia menjelaskan, manfaat P4K mempercepat berfungsinya desa siaga, meningkatkan cakupan pelayanan ANC sesuai standar, meningkat kan cakupan persalinan oleh tenaga kesehatan, meningkatkan kemitraan bidan.

Selanjutnya, tertanganinya kejadian komplikasi secara dini, meningkatkan peserta KB pasca salin, ter pantaunya kesakitan dan kematian ibu dan bayi, menurunkan kejadian dan kematian ibu serta bayi. 

Ia menambahkan, Puskesmas Ranah Ampek Hulu Tapan terus meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat baik di puskesmas sendiri maupun kunjungan ke rumah mayarakat. Selain itu diminta kepada tenaga kesehatan puskesmas agar memaksimalkan tugas dan fungsi dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat  ( Kmf/ RK)

Post a Comment

Previous Post Next Post