Peningkatan Pengumpulan Zakat, Baznas Tanah Datar Rakor Bersama UPZ Kecamatan



Realitakini.com Tanah Datar                               -Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Tanah Datar gelar Rapat Koordinasi dan Evaluasi Unit Pengumpulan Zakat (UPZ), Rabu (23/02/2023) di Aula Kantor Kementrian Agama Setempat.

Acara Rakor dibuka secara resmi oleh pimpinan Baznas Tanah Datar Warnelis Wadman  Dt Mustafa di hadiri  oleh Perwakilan kemenag, Wakil ketua 1 Drs Syafrijal, Badan  Amil Zakat serta 42 peserta berasal dari UPZ se Tanah Datar , dan dari kemenag.

Dalam sambutannya ketua Baznas Tanah Datar diwakili Warnelis Wadman Dt Mustafa sebelumnya menyampaikan permintaan maaf dari Ketua Baznas Yasmansyah, S.Ag M.Pd yang tidak bisa menghadiri acara karena ada kegiatan di Bukittinggi.

"Baznas Tanah Datar memiliki lima program yaitu, bidang pendidikan, kesehatan, kemanusiaan, ekonomi, dan dakwa dan advokasi, sedang berjalan saat ini dibidang kesehatan dengan anggaran sebesar 214.684.000 rupiah dan rehab rumah tidak layak huni," katanya.

Sementara untuk rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) untuk per kecamatan Baznas sudah menyediakan anggaran sebesar 385 juta rupiah dan kegiatan tersebut sudah dimulai  di jorong Buluh kasok nagari Tabek kecamatan Pariangan yang launching di buka langsung oleh Bupati Tanah Datar.

"Untuk itu tujuan rapat koordinasi dan evaluasi hari ini bertujuan untuk peningkatan pengumpulan zakat dari UPZ Kecamatan karena zakat yang bisa kita kumpulkan dari Tanah Datar sebesar 30 M sedangkan pengumpulan yang sudah terkumpul tahun 2022 lalu sebesar 11 M dan untuk tahun 2023 target pencapaian sebesar 12,7 M " Ungkapnya.

Lebih lanjut Warnelis Wadman Dt Mustafa menyampaikan bahwa 93 % dari dana zakat bersumber dari ASN dan selebihnya berasal dari para pengusaha dan muzakih yang ada di Tanah Datar. (*)

Reporter : Mailis RK 

Post a Comment

Previous Post Next Post