Sekretaris Daerah, Adlisman, Hadiri Acara Milad ke-8 Majelis Pimpinan Pondok Pesantren

Realitakini.com-Dharmasraya     
Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, diwakili Sekretaris Daerah, Adlisman, menghadiri acara Milad ke-8 Majelis Pimpinan Pondok Pesantren (MP3D) Kabupaten Dharmasraya, di Ponpes Tarbiyah Islamiyah Pulai. Acara ini dilaksanakan pada hari Rabu, (15/02/23). 

Kegiatan turut dihadiri unsur Forkopimda, Kepala Kantor Kementerian Agama, Ketua MUI Dharmasraya, Pengurus Majelis Pimpinan Pondok Pesantre (MP3-D) se-Kabupaten Dharmasraya dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Adlisman menyampaikan ucapan selamat dan sukses atas berlangsung nya Milad ke-8 Majelis Pimpinan Pondok Pesantren Kabupaten Dharmsraya.

 “Semoga acara milad ini menjadi wadah dan sarana kearah penyempurnaan, kemajuan dan pengembangan lembaga-lembaga Pendidikan Pondok Pesantren se-Kabupaten Dharmasraya. Khususnya dalam membentengi moralitas umat Islam dari gerusan kemajuan modern yang cenderung kearah liberalism,” kata Adlisman.

Selain itu, Sekda juga berharap juga agar Pondok Pesantren sebagai lembaga sosial dan pendidikan mampu melakukan perubahan di tengah masyarakat dan lingkungannya kearah transformasi nilai-nilai moral keagamaan dan kebangsaan. Pondok pesantren tidak hanya menciptakan manusia yang cerdas secara intelektual, spiritual dan emosional. 

Akan tetapi lebih dari itu, bagaimana mencipta kan manusia yang bertaqwa kepada Allah SWT, beramal saleh, berbudi luhur, berbadan sehat, berpengetahuan luas, berwiraswasta dan cinta tanah air. Sehingga kelak santri-santri di Kabupaten Dharmasraya benar-benar menjadi manusia yang cerdas moral spiritualnya, cerdas emosional, cerdas intelektual, cerdas lingual dan memiliki karakter yang kuat dan hebat. Serta memiliki kepribadian yang berkualitas dunia dan akhirat.

“Alhamdulillah, Pondok Pesantren telah banyak berkontribusi dalam memajukan dan me ngembangkan dunia pendidikan serta menjadi kan masyarakat yang agamais di Kabupaten Dharmasraya. Untuk itu, kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus serta apresiasi yang tinggi. Semoga Pondok pesantren di Kabupaten Dharmasraya menjadi pondok pesantren unggulan di Provinsi Sumatera Barat. Dan menjadi rule model bagi pondok pesantren di Ranah Minang tercinta,” harapnya.

Keberadaan pondok pesantren tidak lepas dari tantangan keulamaan dalam masyarakat yang sedang berubah. Seiring dengan peningkatan modernisasi, kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia pun terus berubah dan ber dampak pada pola pengamalan keagamaan yang lebih rasional dan fungsional. Sebagai implikasi dari hal ini adalah otoritas keulamaan harus berhadapan dengan aneka tuntutan masyarakat pada seluruh aspek kehidupan yang condong pragmatis dan mengeyamping kan nilai-nilai esensial dan moral keagamaan.

Oleh karena itu, dapat dipahami jika di tengah tengah masyarakat yang berubah tersebut diperlukan upaya penyegaran dan pembaharu an pemahaman ajaran agama sejalan dengan tuntutan actual masyarakat. Tanpa meninggal kan nilai-nilai moral spriritual yang telah menjadi pegangan ditengah umat. Pada saat yang bersamaan, juga perlu dilakukan berbagai upaya, inovasi baru yang mengarah kepada spiritualisasi dalam berbagai segi kehidupan. 

Namun demikian, ada satu hal yang perlu kita catat dan garibawahi. Betapapun besarnya perubahan yang melanda pondok pesantren itu, pondok pesantren harus tetap istiqamah, berintegritas dan memiliki komitmen yang jelas, sebagagai lembaga pendidikan agama Islam. Sebagai tempat pengkaderan ulama dan tempat berkumpulnya orang-orang saleh. 

“Besar harapan kita kepada lembaga pondok pesantren di Kabupaten Dharmasraya, kiranya mampu melahirkan ulama-ulama intelek dan para intelektual ulama yang mampu mengajak umat kearah yang lebih baik. Mewujudkan kebahagian di dunia dan kesejahteraan di akherat kelak,” pungkasnya. 

Sedangkan pengurus MP3-D periode 2023 hingga 2028 diantaranya adalah Dewan Per timbangan, KH. Moch. Chozien Adnan. Anggota, Buya H. Hamzah Bilal, Buya H. Aminullah Salam, KH. Nur Kholidin, Kiyai Muhyidin. Pengurus Harian, Ketua M. Syukri Rijal, Wakil Ketua Habiburrohman, Wakil Ketua 2 Asno Minanda Dt. Bondo Rajo, Sekretaris Jamal Oktopa, Bendahara Tarmizi. Dengan anggota MP3-D adalah seluruh pimpinan dan badal pondok pesantren yang tergabung dalam MP3-D.(FR)

Post a Comment

Previous Post Next Post