SPBE Tahun 2022 Tanah Datar Raih Terbaik Tiga Di Sumatra Barat


Realitakini.com Tanah Datar                              -Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, terbaik tiga di Sumatera Barat pada penerapan indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) tahun 2022 dengan poin 3,21 dari sakala lima atau predikat baik.

Terbaik satu diraih Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan dengan poin 3,48 predikat baik, diikuti Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota dengan poin 3,29 predikat baik, dan Tanah Datar dengan poin 3,21 predikat baik.

Kepala Dinas Kominfo Tanah Datar Yusrizal , Selasa (07/02/2023) mengatakan capaian itu tertuang melalui Keputusan Menpan RB Nomor 108 tahun 2023 tentang Hasil Pemantauan dan Evaluasi SPBE pada Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah tahun 2022.

"Capaian ini merupakan capaian luar biasa, dari target 2,2 pada tahun 2022 kita bisa mencapai nilai 3,21 dari indeks 0 sampai dengan 5," katanya.

Yusrizal mengatakan, capaian tersebut merupakan komitmen Pemerintah Kabupaten Tanah Datar dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya melalui penerapan SPBE.

"Capaian ini juga berkat komitmen dan dukungan Bupati Tanah Datar bersama seluruh jajaran perangkat daerah dalam mengoptimalkan penyelenggaraan SPBE," tutur Yusrizal.

Sementara itu, Kepala Bidang E-government Kominfo Tanah Datar Fajri, mengatakan capaian SPBE Tanah Datar mengalami peningkatan cukup signifikan.

Menurutnya jika dibandingkan dari penerapan indeks SPBE pada 2019, Pemkab Tanah Datar hanya mendapatkan poin 1,78 dengan indek kurang, naik menjadi 2,18 dengan indeks cukup pada 2021 , dan poin 3,21 pada 2022 dengan indek baik.

"Untuk target tahun ini minimal kita bisa menyamai dengan capaian sekarang," tegasnya.(**)

Editor : Mailis RK

Post a Comment

Previous Post Next Post