Wujudkan Keluarga Sehat, Program TMKBK Dilaksanakan Di Kecamatan Putri Betung

Realitakini.com - Gayo Lues 
Program TNI Manunggal Keluarga Berencana Kesehatan (TMKBK) sebagai upaya percepatan penurun an stunting resmi dilaksanakan di Kecamatan Putri Betung, pada hari Kamis kemarin (09/02/2023).

Dandim 0113/Gayo Lues Letkol Inf Krismanto, S.Pd dalam wawancaranya menerangkan bahwa program TMKBK ini merupakan salah satu bentuk upaya mendorong dan memotivasi masyarakat dalam melaku kan KB untuk mewujudkan keluarga yang sehat, berkualitas, dan tangguh. Ia menyebutkan, program ini dilaksanakan setiap tahun disemua Daerah di Indonesia secara lintas sektoral dengan melibatkan TNI, dinas terkait serta masyarakat.

 "Kegiatan ini juga merupakan Program Pemerintah, dan harus didukung oleh instansi terkait agar tujuan TNI KB kesehatan dapat mencapai sasaran yang diharapkan," ujarnya.

Ia menjelaskan, adapun sasaran yang ingin dicapai adalah terselenggaranya intensitas kegiatan KB Kesehatan dan kegiatan secara terpadu dengan memberikan pelayanan secara optimal kepada masyarakat, terutama keluarga prasejahtera dan keluarga sejahtera.

"Sesuai target pelayanan yang paling penting dibutuhkan masyarakat dengan mengoptimalkan instalasi dan sarana pelayanan kesehatan yang dimiliki Pemda, Dinkes, TNI maupun swasta," ungkapnya. 

Sementara Kepala Dinas P3AP2KB Yunidar, SE menjelaskan tujuan Program TMKBK ini adalah, per tama meningkatkan cakupan peserta KB Baru dari PPM Tahun 2023, kedua meningkatkan pencapaian peserta KB baru dengan Metode Kontrasepsi jangka Panjang (IUD dan Impan).Ketiga meningkatkan Pembinaan Keberlangsungan Peserta KB Aktif Meningkatkan peran dan komitmen mitra kerja disetiap tingkatan dalam keberhasilan pelaksanaan program Kependudukan Keluarga Be rencana Pembangunan Keluarga (KKBPK).

Adapun sasaran Program TMKK adalah Keluarga Berencana dan Keluarga Reproduksi, Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR), Pemberdayaan dan Ketahanan Keluarga, Imunisasi Lingkungan, Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) dan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE). 

Untuk meningkatkan pencapaian sasaran program KB Kesehatan perlu mendapat perhatian secara sungguh-sungguh oleh masyarakat sehingga pelaksanaan KB Kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu baik instansi terkait maupun masyarakat secara umum. 

"Dalam hal ini diperlukan tanggung jawab bersama, koordinasi dan kerjasama yang baik. Kegiatan ini akan berlangsung dari tanggal 09 s/d 2 Februari 2023 di seluruh Kecamatan se Kabupaten Gayo Lues yang akan dikunjungi langsung oleh Tim TNI, KB dan Kesehatan," tutupnya. ( syukran )

Post a Comment

Previous Post Next Post