Bupati Blitar Menghadiri Wisuda Lansia, Wujudkan Lansia, Bertakwa, Mandiri, Produktif Dan Mertabat

Realitakini.com-Blitar.
Pemerintah Kabupaten (Pemkab ) Blitar menggelar Wisuda Sekolah Lanjut Usia (Lansia) guna men dukung terbentuknya ketangguhan dan kemandirian utamanya pada lansia yang tinggal di dalam sebuah keluarga.

Semoga ilmu yang panjenengan dapat membawa manfaat, mampu meningkatkan pengetahuan, sikap, perilaku dan ketrampilan dalam meningkatkan kualitas hidup,"kata Bupati Blitar Hj.Rini Syariah saat memberikan sambutan pada Wisuda Sekolah Lansia,bertempat di balai desa Jatinom Kanigoro, Selasa (21/03/2023)

Bupati Blitar Rini Syarifah menyampaikan, ucapan selamat kepada para lansia yang pada hari ini me laksanakan wisuda Sekolah Lansia Tangguh ( Selantang ) Bina Keluarga Lansia ( BKL ) Mawar Jatinom. 

Pertumbuhan penduduk lansia di Indonesia pada Tahun 2020 diperkirakan akan mencapai lebih dari 10 persen. Dan pada Tahun 2045 jumlah lansia di Indonesia akan mencapai seperlima dari total penduduk Indonesia. 

"Sedangkan di Kabupaten Blitar jumlah lansia yang terdaftar dalam  Bina Keluarga Lansia (BKL) sekitar 260 orang. Terkait lansai, permasalahan yang terjadi saat ini diantaranya adalah finansial. 

Penduduk Lansia banyak yang tidak memiliki jaminan hari tua, sehingga secara ekonomi banyak lansia yang bergantung kepada keluarga atau anaknya,"jelasnya.

Menurut Bupati Rini,permasalahan lain adalah kesehatan yang tentu berdampak kepada keluarga dan masyarakat. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan ketersediaan fasilitas kesehatan yang memadai dan ramah lansia. 

Sehingga dukungan semua sektor sangat diperlukan dalam penyediaan makanan bergizi, ketersediaan kebutuhan dasar, obat-obatan, serta perawatan sosial. 

Dan dalam kesempatan ini, saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Bina Keluarga Lansia (BKL) Mawar Desa Jatinom dan BKL Srikandi Desa Gogodeso yang telah proaktif memberikan perhatian penuh kepada lansia. 

Bukan hanya dari sisi kesehatannya saja, namun  terkait pembinaan ketahanan keluarga lansia dan rentan melalui Sekolah Lansia Tangguh (SELANTANG). 

Kegiatan SELANTANG telah berjalan pada  BKL MAWAR JATINOM, dan yang akan memulai kegiatan  serupa adalah SELANTANG BKL SRIKANDI GOGODESO. 

Terakhir sambutannya Bupati Blitar Rini Syarifah berharap, baik BKL Mawar maupaun Srikandi terus semangat dalam memainkan perannya guna mewujudkan lansia yang sehat, bertakwa kepada Tuhan Yang Esa, mandiri, produktif,dan bermartabat bagi keluarga dan masyarakat,"harapnya.( kmf / edy)

Post a Comment

Previous Post Next Post